DLH Bateng Akan Gelar Lomba Lukis, Mewarnai, Dan Membuat Poster

Oleh: Jon Piter Wartawn Laspela

KOBA, LASPELA– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan menggelar puncak acara Hari Lingkungan Hidup Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Bateng, pada tanggal 29 Oktober 2019.

Dalam kegiatan tersebut, DLH Bateng akan menyelenggarakan berbagai perlombaan untuk pelajar, mulai dari tingkat TK, SD, dan SMP se- Bateng, perlombaan itu antara lain Lomba Mewarnai untuk TK, dengan tema Peduli Lingkungan, Lomba Melukis untuk SD, dengan tema Polusi Udara, serta Lomba Membuat Poster untuk SMP dengan tema Peduli Lingkungan dan Polusi Udara.

Kepala DLH, Ali Imron, mengatakan bahwa peserta perlombaan nantinya adalah perwakilan siswa dari setiap sekolah, 127 TK akan mengutus masing- masing 3 anak, 35 SD akan mengutus 1 anak, dan 14 SMP akan mengutus satu anak, dan setiap sekolah akan ada 1 orang guru pendamping.

“Perlombaan Mewarnai, Melukis, dan Membuat Poster, akan diikuti oleh siswa- siswa TK, SD, SMP, dan akan diumumkan hari itu juga bersama dengan pengumuman Lomba Mural yang sudah selesai diselenggarakan pada tanggal 21-22 Oktober 2019,” kata Ali, Kamis (24/10/2019).

Ali menjelaskan bahwa tujuan diadakannya perlombaan ini untuk menanamkan sejak dini agar anak- anak peduli lingkungan hidup, dan berharap agar anak- anak mengamalkannya di kemudian hari.

“Kita mulai menanamkan kepedulian lingkungan kepada ank- anak sejak dini, dan mengamalkannya di kemudian hari,” harap Ali.

Ali menjelaskan bahwa agenda ini akan menjadi even tahunan sebagi wadah bagi para seniman Mural untuk menuangkan ide kreatifnya, serta menumbuhkan kreatifitas dan kepedulian pelajar melalui seni, dan Ali menegaskan bahwa tahun depan akan lebih baik lagi penyelenggaraannya.

“Kami ingin membuat daerah menjadi semakin cantik dengan karya seni yang memiliki pesan Cinta Lingkungan Hidup, dan agar bakat anak- anak kita yang kreatif dapat tersalurkan,” jelas Ali.

Total hadiah yang akan diperoleh untuk tingkat TK sebesar Rp. 4 juta, SD sebesar Rp. 7 juta, SMP sebesar Rp. 7 juta, dan Mural sebesar Rp. 10 juta.(*)