Home / BANGKA BELITUNG / Rio Harapkan Pemerintah manfaatkan Lada

Rio Harapkan Pemerintah manfaatkan Lada

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Harga komunitas lada yang semakin down (menurun) sangat mempengaruhi perekonomian Pangkalpinang, membuat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Pangkalpinang Rio Setiady angkat bicara. Menurutnya lada yang merupakan hasil bumi Babel harus tetap dijaga kestabilan harganya dan jangan sampai dilewatkan.

“Lada ini merupakan hasil bumi kita, yang dibandingkan ditempat lain, lada kita itu mempunyai kualitas yang tinggi, baik lada hitam maupun lada putih yang berasal dari Muntok Bangka Barat,” terangnya. Rabu (9/10/2019).

Meski demikian, kata Rio, Pemkot Pangkalpinang hendaknya dapat mengambil moment dan membranding produk lada sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

“Palembang punya Pempek, Semarang punya lumpia, Jogja punya Gudeg, nah Bangka khususnya Pangkalpinang ini mempunyai apa, apa yang menjadi ciri khas kita yaitu manfaatkan lada,” ujarnya.

Rio mencontohkan Pabrik lada Sahangku yang bertempat di Lembawai kota Pangkalpinang bisa saja dimanfaatkan, kehadiran usaha lada ini hendaknya dibantu pemasarannya oleh pemerintah daerah.

“Seperti jika kita menggelar Pameran di luar, nah itu seharusnya Pemerintah kota Pangkalpinang harus membantu mendirikan stand Sahangku disana, jadi orang luar juga mengetahui ciri khas kita,” tuturnya.

Menurut Rio, harga Lada yang kian merosot harus menjadi tanggung jawab pemerintah, karena semua regulasi ada di Pemerintah.

“Nah harus kita backup masyarakat, tentunya bekerja sama dengan pemerintah Provinsi yang memulai kewenangan lebih dalam mengatur ekspor impor, dan distribusi barang dan jasa,” ungkapnya.

Rio juga menilai, hingga saat ini dirinya belum melihat Pemerintah provinsi Babrl serius menstabilkan harga lada. Padahal kejayaan lada Babel ini sudah jauh-jauh hari menjadi agenda khusus Gubernur sesuai janji kampanyenya kemarin.

“Namun hingga setengah perjalanannya mempimpin Bangka Belitung, belum terlihat janji kampanyenya ini, saya harap teman-teman di DPRD Provinsi Babel untuk kritis dalam hal ini,” pintanya. (dnd)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish