Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Bangka Gelar Upacara Di Halaman Kantor Bupati

SUNGAILIAT, LASPELA — Memperingati hari kesaktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Bangka, Selasa (01/10/2019).

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Bangka bersama unsur Forkopimda, serta peserta dari tingakat SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi, dan dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Mulkan selaku Inspektur Upacara.

Dalam rangkaian kegiatan upacara tersebut, dilakukan pembacaan ikrar kesetiaan kepada pancasila yang dibacakan oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bangka, Jumadi.

Pemimpin upacara sendiri dipimpin oleh Kasi Propam Polres Bangka yakni Ipda Wardiyansyah.

Dalam upacara tersebut, Pembacaan Pancasila dipimpin langsung oleh Mulkan selaku inspektur upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Rangkaian kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan Andhika Bhayangkari yang dimainkan oleh Sanggar Gita Wangka.

Sementara itu, AKBP. Haris Sulistiyono selaku Kapolres Bangka mengungkapkan bahwa ideologi Pancasila merupakan ideologi terbaik bangsa yang patut dijaga, dan digunakan sebagai pedoman untuk hidup berbangsa dan bernegara.

“ideologi pancasila adalah Ideologi terbaik untuk bangsa, negara dan masyarakat untuk keberlanjutan NKRI, jadi tidak ada ideologi lain selain Pancasila,” ungkap Kapolres Bangka usai upacara peringatan hari kesaktian Pancasila.

Pihaknya juga mengatakan, hari kesaktian Pancasila tersebut akan dijadikan sebagai momentum dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

“Pastinya hari kesaktian Pancasila dari institusi Polri ini akan dijadikan momentum untuk menjaga individu atau kelompok siapapun yang melakukan upaya untuk menggantikan ideologi tersebut termasuk dengan ideologi yang berbasis radikalisme,” pungkasnya. (mah)