Home / BANGKA BELITUNG / STIE IBEK Pangkalpinang Siap Membangun Generasi Milenial Industri 4.0

STIE IBEK Pangkalpinang Siap Membangun Generasi Milenial Industri 4.0

PANGKALPINANG, LASPELA– STIE IBEK Pangkalpinang dikunjungi tim Universitas Sriwijaya pada Jumat dan Sabtu, 27- 28 September 2019.

Kedatangan tim Unsri ini sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program Penjaminan Mutu sesuai amanat Surat Keputusan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 179/B/SK/2017 Tentang Perguruan Tinggi Pelaksana Program Penjaminan Mutu.

Menurut ketua STIE IBEK Pangkalpinang, Dr. Rizal R. Manullang mengatakan Unsri akan membina perguruan tinggi terpilih untuk mendapatkan pembinaan percepatan peningkatan mutu.

” Salah satunya STIE IBEK Pangkalpinang ini. Tentu saja, program ini menjadi peluang besar bagi STIE IBEK Pangkalpinang, karena program ini menjadi program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan Penjaminan Mutu STIE IBEK Pangkalpinang,” ungkap Manullang.

Diterangkannya pula, kedatangan Tim Universitas Sriwijaya juga bertugas untuk membentuk struktur penjaminan mutu dari tingkat program studi di STIE IBEK Pangkalpinang, membantu penyusunan dokumen mutu yang telah diujicobakan dan siap diimpelementasikan pada program studi Perguruan tinggi asuhan, mendokumentasikan hasil evaluasi program penjaminan mutu dan memberikan rekomendasi lanjutan, dan akan melaporkan hasil pelaksanaan program kepada Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

STIE IBEK sendiri kata Manullang menyambut program ini secara progresif sesuai amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan menandaskan seluruh Civitas Akademika akan berkomitmen penuh mengikuti arahan dan pembinaan yang diberikan oleh Tim Universitas Sriwijaya selama berada di kampus STIE IBEK Pangkalpinang.

“Hal ini bukan hanya sebagai sebuah peluang tetapi menjadi nilai keberuntungan karena setiap materi yang diberikan akan menjadi daya ungkit bagi STIE IBEK Pangkalpinang untuk terus menata percepatan peningkatan mutu perguruan tinggi sehingga dapat membanggakan daerah dan bangsa. Terlebih lagi pada era Revolusi Industri 4.0 atau Revolusi Industri Generasi Keempat yang sedang dihadapai saat ini,” urainya.

Dalam menghadapi era Industri 4.0 itu lanjut Manullang, STIE IBEK Pangkalpinang harus siap untuk membangun dunia pendidikan tinggi yang bukan hanya mengejar kuantitas sumber daya manusia lulusan, tetapi yang paling penting adalah kualitas sumber daya manusia lulusannya yang memiliki mentalitas tangguh, moralitas yang beradab dan kompetibel dalam merebut peluang bisnis global. Disamping juga akan memaksimalkan mengikuti program perguruan tinggi asuh dari Universitas Sriwijaya secara berkelanjutan dalam rangka mengimplemetasikan Rencana Strategis Perguruan Tinggi yang telah disusun STIIE IBEK Pangkalpinang sampai tahun 2036, yakni menjadikan STIE IBEK sebagai perguruan tinggi unggul, dalam mendidikkan Mahasiswa yang memiliki kecakapan intelektualitas dalam membangun kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan kompetibel, memiliki kompetensi manajerial unggul, memiliki kemampuan membangun jejaringan kerja yang luas, dan memiliki kemampuan mengadaptasi kemajuan teknologi industri 4.0 .

Diakui Manullang, dari pertemuan pertama ini didapati hasil monev tim Unsri terhadap STIE IBEK sangat menggembirakan dan banyak kemajuan.

“Dari hasil Monitoring dan Evaluasi tersebut didapati peningkatan yang signifikan dalam segi Penjaminan Mutu STIE-IBEK. ” tutupnya.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish