Home / BANGKA BELITUNG / Ibnu: Saya Mau Lomba Lempah Kuning Mendunia

Ibnu: Saya Mau Lomba Lempah Kuning Mendunia

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Bupati Bangka Tengah(Bateng), H. Ibnu Saleh, membuka kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Bateng bersama dengan TPPKK Bateng, bertempat di halaman Kantor Bupati Bateng, Jumat(19/7/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 38 peserta dari 6 kecamatan yang ada di Bateng, terdiri dari TP PKK, ibu- ibu Darma Wanita, dan persatuan OPD di lingkungan Kabupaten Bateng.

Juara Lomba Masak Serba Ikan diraih oleh Kecamatan Pangkalan Baru, dan Kategori Lomba Masak Lempah Kuning diraih oleh Winarsih dari Kelurahan Koba, kecamatan Koba.

Kategori penilaiannya yaitu kreativitas dan inovasi resep baru, Cara Penyajian, Cita Rasa, Higienisitas, dan Keterampilan memasak.

Dalam sambutannya, Bupati Ibnu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan even nasional tahunan yang diharapkan bisa memacu peningkatan produksi perikanan, inovasi produk, dan konsumsi ikan,

“Kegiatan ini sangat penting karena dapat memotivasi, memperkenalkan, dan mengedukasi peserta lomba maupun masyarakat tentang menu makanan yang berkualitas serba ikan, serta memacu masyarakat untuk berinovasi dalam pengolahan menu makan harian yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman bagi anggota keluarga,” ujarnya.

Ia juga mengajak meningkatkan konsumsi makanan berbahan ikan, karena ikan sumber protein dan omega 3 yang dapat mencegah stunting, dan sangat bagus untuk menutrisi otak.

“Saya mau Lomba Lempah Kuning ini sampai Mendunia, ini bukti inovasi, sudah bisa membuat es krim dari Ikan Tenggiri, teruslah berinovasi misalnya membuat Lempah Kuning Kaleng, Saya akan dukung terus pengembangan kuliner Khas Bangka yang menggunakan bahan dasar ikan, dan resep pemenang hari ini akan diuji oleh LIPI untuk diketahui nilai nutrisi dan kebaikan lainnya,” pinta Ibnu.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bateng, Dedy Muchdiyat menambahkan bahwa pihaknya terus mengupayakan dan mendukung kebijakan Bupati Ibnu melalui peningkatan konsumsi ikan masyarakat dengan menjadikan makan ikan sebagai budaya nasional.

Ketua Tim Penggerak PKK Bateng, Hj. Iriani Melita Ibnu Saleh, yang diwakili Sekretaris PKK Ita, membacakan sambutan ketua TP PKK, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat memotivasi ibu- ibu PKK terutama di Bateng, untuk menyajikan masakan kepada keluarga masakan yang sehat, bebas dari bahan pengawet, dan zat lainnya, dan agar semua pihak terkait memanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum untuk mengampanyekan ide, gagasan, dan inovasi, sekaligus sebagai pelopor untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat luas untuk mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan.

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish