Home / BANGKA BELITUNG / Renata : Mari Bawa Anak Anda ke Posyandu

Renata : Mari Bawa Anak Anda ke Posyandu

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Posyandu(Pos Pelayanan Terpadu) penting untuk membantu masyarakat memantau dan menjaga perkembangan kesehatan balita.

Posyandu Puspa Sari yang berlokasi di Jalan Cut Nyak Dien, RT 01, Koba, menggelar pelayanan kesehatan bagi masyarakat kelurahan Simpang Perlang dan sekitarnya, terdiri dari pengecekan dan pencatatan rutin perkembangan balita hingga pemberian vitamin dan vaksinasi.

Dengan penyelenggaraan Posyandu secara rutin diharapkan dapat mencegah timbulnya anak kurang gizi, khususnya di wilayah Kabupaten Bangka Tengah(Bateng), serta transfer ilmu yang berguna dari petugas kesehatan kepada masyarakat tentang gizi dan pola asuh anak yang tepat.

Kepala Posyandu Puspa Sari, Renata, menjelaskan bahwa setiap bulan sebaiknya orang tua membawa balitanya ke posyandu agar dapat memantau tumbuh kembang si kecil,
“Mari bawa anak anda ke posyandu, karena nanti akan diukur tinggi dan berat badan serta lingkar kepala, juga akan diberikan vitamin A dan vaksinasi sesuai kebutuhan yang sudah diatur oleh pemerintah,” tuturnya.

Renata menjelaskan tujuannya agar balita dapat terpantau terus perkembangannya, dari situ kata dia kita dapat menghindari potensi kurang gizi pada anak- anak kita.

“Disamping itu juga kan ada petugas kesehatan, dan petugas gizi, yang siap melayani masyarakat dengan memberikan pengetahuan seputar kesehatan dan gizi yang penting untuk tumbuh kembang balita,” Jelas Renata.

Petugas Gizi Puskesmas Koba, Mimi, mengatakan bahwa pengukuran tinggi dan berat badan balita penting untuk kesehatan balita di masa yang akan datang,
“Kami dari pihak Puskesmas koba bertugas rutin di posyandu mendamping petugas posyandu melayani masyarakat di sekitaran Posyandu Puspasari ini, antusiasme masyarakat di sini sangat baik dilihat dari jumlah yang masyarakat yang hadir setiap bulan terus meningkat.
Kami selalu mengingatkan agar orangtua memberikan gizi yang cukup dan seimbang agar pertumbuhan anak juga menjadi optimal, dan selalu rutin datang ke posyandu setiap bulan,” ungkap dia.

“Semoga dengan memberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang, balita- balita kita tidak kekurangan gizi, dan tidak mengalami gangguan pertumbuhan yang menyebabkan tubuh si anak lebih pendek dari standar usianya(Stunting),” harapnya pula.

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish