Home / ADVERTORIAL / PEMKAB BANGKA TENGAH / Bupati Bateng Panen Jagung Pipil di Desa Cambai Selatan

Bupati Bateng Panen Jagung Pipil di Desa Cambai Selatan

#Petani Adalah Pengusaha

Oleh : Herdian Farid Effendi

KOBA, LASPELA – DR Ir H Ibnu Saleh MM melakukan kegiatan panen jagung Pipil di lahan kelompok tani Merengkan Jaya Desa Benteng Kecamatan Pangkalanbaru dengan lokasi penanaman di Desa Cambai Selatan Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah. Rabu,(10/07/2019).

Menurut Ibnu Saleh jagung merupakan komoditas pertanian yang sangat penting salah satunya Jagung Pipil dimana usaha tani Jagung Pipil merupakan sebuah investasi yang sangat menjanjikan karena banyak digunakan sebagai bahan pangan maupun sebagai bahan pakan ternak.

“Pada tahun 2018 alokasi bantuan pengembangan Jagung Pipil di Kabupaten Bangka Tengah seluas 800 Hektat dengan realisasi tanam hingga triwulan 1 tahun 2019 seluas 317,95 Hektat dengan produktivitas rata-rata 5-6 ton/ha melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018,” ujar Ibnu dalam sambutannya.

Ia melanjutkan fasilitas pengembangan Jagung Pipil di Kabupaten Bangka Tengah dilaksanakan dengan memberikan bantuan sarana produksi berupa benih Jagung Pipil dengan Varietas Pertiwi 2 sebanyak 15 KG benih dan 1 zak pupuk urea subsidi dalam 1 hektar.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mengapresiasi keberhasilan kelompok tani Merengkan Jaya Desa Benteng dalam menanam sampai panen dan ini menjadi contoh bagi petani yang lain,”ungkap Orang Nomor Satu Negeri Selawang Segantang tersebut.

Ibnu berharap petani di Kabupaten Bangka Tengah dapat menjadi pengusaha yang sukses baik dari pendapatannya maupun produktivitas usaha yang dikerjakannya.

“Mari kita bersama-sama menjadikan Kabupaten Bangka Tengah sebagai penghasil pertanian dan menjadi barometer bagi Kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,”tukasnya(Adv/hfe)

About herdianlaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish