Ratusan Moge Meng “aspal” di Basel

Oleh: Nopranda Putra
*Basel Jadi Tujuan Pertama Rombongan Moge

TOBOALI, LASPELA – Kunjungan rombongan Motor Gede (Moge), Jumat (28/6) kemarin kembali mengaspalkan tunggangan nya di Bumi Serumpun Sebalai. Kabupaten Bangka Selatan menjadi tujuan pertama mereka selepas menginjakkan kaki di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Sebanyak 398 moge ikut memadati jalan Sudirman Toboali saat menuju rumah dinas Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer.

Kedatangan rombongan Moge ke Bangka Selatan yakni menjadi salah satu rangkaian acara untuk menghadiri Bangka Bike Festival yang digelar pada 28-29 di Pantai Tanjung Pesona.

Usai menghadiri jamuan makan siang di Rumah Dinas Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer para bikers akan kembali ke Pangkalpinang dan mengunjungi tempat wisata Danau Kaolin Bangka Tengah.

Bupati mengatakan, kegiatan ini selain sebagai ajang kumpul dan silahturahmi bagi para pecinta moge, kegiatan tersebut juga menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata Pulau Bangka, khususnya Bangka Selatan.

“Kita berharap kegiatan ini menjadi ajang promosi pariwisata yang ada di Bangka Selatan, dengan tujuan Bangka Selatan menjadi lebih dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Justiar Jumat, (28/6).

Ia juga menuturkan, Bangka Selatan selalu menjadi tujuan pertama para pecinta moge apabila berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung.

“Pecinta moge ini menjadi rutin dikunjung pecinta moge, salah satu contohnya pada saat TCOF ke III tahun 2018 lalu, mereka selalu berkunjung ke Basel untuk ikut meramaikan TCOF,” tukas Bupati.

Sementara itu, salah satu riders dari komunitas HDCI Banyumas Raya dan IMBI Banyumas, Surya Atmaja, AB.BA berharap agar acara tersebut berjalan lancar dan sukses.

Putra daerah asal Basel ini juga bertekad ingin memajukan wisata yang ada Pulau Bangka agar menjadi daerah wisata yang dikenal hingga kancah internasional.

“Tujuan event ini adalah untuk melihat wisata alam di Pulau Bangka yang begitu indah dari Muntok, Pangkalpinang, Belinyu hingga Toboali Bangka Selatan. Kami (riders) hadir dari Jawa Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Pekanbaru, Padang, Medan, Jambi, dan Palembang serta beberapa kota lainnya, semua berbondong-bondong menuju Pulau Bangka,” pungkas pria yang lebih akrab dikenal Boy Bakar.

Selain itu, dijadwalkan para rombongan akan makan malam di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang. Sedangkan, pada hari berikutnya, mereka akan riding ke Jembatan Emas dilanjutkan riding ke Belinyu dan terakhir menuju Tanjung Pesona.

Dimana nantinya mereka akan menikmati ragam panganan tradisional dengan tradisi makan nganggung serta melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti bhakti sosial. (Pra)