Geopark Belitung Berbeda Dengan Ditempat Lain

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNG PANDAN, LASPELA- Tim Assesor Unesco Global Geopark menyatakan bahwa Belitung berbeda sekali dengan Geopark yang sudah jalan di berbagai tempat lainnya.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menjelaskan bahwa assesor mengatakan ada uapaya yang keras yang di lihat nya di Belitung untuk meraih status UGG tersebut.

“Assesor mengatakan bahwa Geopark di Belitung berbeda sekali dengan Geopark yang sudah jalan di tempat lain, infrastruktur nya jauh lebih baik, sudah jauh lebih rapi, tapi di Belitung mereka melihat ada upaya yang keras kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, dan kelompak-kelompok lainya, itu point paling penting,” Jelas Isyak pada Laspela, Jum’at malam(28/06/2019).

Selanjutnya ia mengatakan tim assesor meminta agar Belitung terus berjalan dan bergerak setelah tim assesor pulang, terus memperbaiki, membenahi, dan terus membangun geopark dengan geosite-geosite yang ada.

“Assesor sudah pulang, kita belum tahu hasilnya, tapi kita tidak boleh berhenti di sini, kita harus bergerak, geosite yang belum terbangun kita rapikan lagi, masyarakat yang belum terlibat ajak terlibat, itu maksud nya,” terangnya.

Isyak pun mengajak seluruh lapisan masyarakat mendokan agar Belitung lulus menyandang status Unesco Global Geopark(UGG), untuk membawa kemajuan daerah sekaligus menjaga lingkungan dan alam. (din)