Tak Lama Lagi Basel Akan Jadi “Smart City”

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Dalam waktu dekat ini, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan mengoperasikan Basel Command Center (BCC) guna mendukung pembangunan Basel menuju ‘Smart City’.

“Insyaallah tahun ini Basel Comand Center akan mulai dioperasikan dan berjalan di bulan Agustus,” kata Kepala Diskominfo, Achmad Anshori, Kamis (27/6).

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang memenuhi kebutuhan peralatan untuk mendukung kelancaran pengoperasian Basel Comand Center, karena baru sekitar 90 persen sarpras terpenuhi.

“Untuk BCC ini kami sedang melakukan pemenuhan perlengkapannya, salah satu merubah ruang pusat data yang belum sesuai standarisasi,” tukasnya.

Menurut dia, Basel Comand Center adalah merupakan fasilitas yang dirancang untuk menampilkan data dari berbagai sumber secara simultan sehingga mempermudah akses dan pengolahan data, khususnya semua data dari SKPD yang ada.

“Basel Comand center ini merupakan pusat informasi dan seluruh informasi bangka selatan akan terpusat disini, sehingga mempermudah stakeholder untuk mengakses data yang di perlukan dari Pemerintah daerah,” ujarnya. (Pra)