Hermanto Minta Masyarakat Pilih Kosmetik Aman

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) kota Pangkalpinang minta masyarakat memilih kosmetik-kosmetik yang aman, ini dijelaskan Hermanto selaku kepala BPOM kota Pangkalpinang, dalam kegiatan KIE Obat dan Makanan Serta Sarasehan Kebangsaan, yang digelar di Resto D’Cantins, Jumat (28/6/2019).

“Masyarakat harus dapat memilih kosmetik yang aman, harus dengan komposisi bahan-bahan yang aman, jangan hanya ingin putih tapi tidak mementingkan komposisi bahan-bahannya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk memilih Lipstik pun harus diteliti apakah suatu Lipstik itu terdftar oleh BPOM atau tidak.

“Karena Lipstik ini kadang-kadang bisa tertelan jika para wanita makan atau minum, nah itu tentunya bahan harus aman apakah bahan itu tidak berbahaya jika tertelan,” jelasnya.

Ia pun mengharapkan masyarakat dapat lebih teliti dalam memilih kosmetiknya, hindari kosmetik-kosmetik yang telah terdeteksi mengandung mercury dan bahan-bahan berbaya lainnya.

Dalam memilih kosmetik yang aman, ia menerangkan dengan mengecek dulu kosmetik tersebut dengan cek “KLIK” atau Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa.

Sementara itu pihaknya juga kata Hermanto akan terus memaksimalkan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kosmetik-kosmetik terutama pada kosmetik yang dijual secara online. (dnd)