7 Fakta Menarik Seputar Burger

Oleh: Andini Dwi Hasanah

LASPELA– Meskipun dikategorikan sebagai junk food, tetapi makanan ini tetap populer dan tak kekurangan penggemar. Sebagian orang juga berpikiran burger yang dilengkapi salad dan tomat lebih sehat.

Padahal kenyataannya kandungan garam dalam burger cukup tinggi. Belum lagi penggunaan daging olahan yang sudah diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Terlepas dari kontroversi tentangnya, tak ada salahnya mengetahui fakta menarik tentang makanan yang awalnya berupa sanwich ini.

1. Burger pertama
Burger awalnya ditemukan oleh seseorang yang bernama Louis Lassen. Berawal di tahun 1900, Lassen menyajikan sandwich isi daging yang kemudian disebut sebagai hamburger. Mengapa dinamakan demikian? Usut punya usut, nama hamburger mengandung nama kota asalnya yaitu Hamburg, Jerman.

2. Burger terbesar
Burger terbesar di dunia disajikan di Las Vegas dengan nama Quadruple Bypass Burger. Guinness World Record bahkan mencatatnya sebagai burger paling berkalori di seluruh dunia.

3. Ganti nama
Selama perang dunia pertama, pemerintah Amerika Serikat ingin mengganti nama hamburger dengan “liberty sandwiches”. Sayangnya, usaha mengganti nama ini tidak berhasil.

4. Konsumsi
Para pakar mengatakan, konsumsi makanan ini di AS mencapai 13 juta burger per tahun. Jika dibentangkan, jumlah itu setara dengan jarak 32 kali keliling dunia.

5. Pilihan pesohor
Tahukah Anda Raja Rock n’ Roll Elvis Preseley merupakan penggemar berat burger? Dikatakan pelantun lagu “Can’t Help Falling in Love” ini selalu menyempatkan diri untuk makan burger dalam turnya.

6. Hall of fame
Di Seymour, Wisconsin, AS, terdapat Hamburger Hall of Fame atau galeri reputasi hamburger. Jika Anda penggemar berat makanan ini, mungkin Anda butuh pergi ke kota ini.

7. Parfum hamburger
Wewangian ini diciptakan khusus bagi mereka para penyuka daging. Untuk mendapat sensasi “daging” hamburger, diciptakanlah produk yang dinamakan Flame. Produk tersebut diciptakan dari daging yang dibakar. (din)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: