Home / BANGKA BELITUNG / DTKKTKUKM Basel Evaluasi Akses Permodalan 2019

DTKKTKUKM Basel Evaluasi Akses Permodalan 2019

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja. Transmigrasi, Koperasi dan UKM Basel melakukan evaluasi hasil sosialisasi petunjuk teknis akses pemodalan tahun 2019 guna melakukan pengembangan kawasan perkotaan yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (DTKTKUKM) Kabupaten Bangka Selatan, Basu Priatna mengatakan kegiatan evaluasi hasil sosialisasi petunjuk teknis akses permodalan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana tingkat penerapan terhadap akses tersebut.

“Melalui evaluasi ini kami akan melihat sejauh mana tingkat penerapan terhadap akses permodalan ke pihak perbankan melalui lembaga-lembaga yang dibentuk di Kawasan Perkotaan Baru (KPB),” kata Basu, Selasa (18/6).

Dengan akses permodalan, lanjut dia sudah terjalin dengan kelembagaan yang ada di KPB sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena untuk membuka usaha sudah mempunyai modal yang dibantu oleh perbankan.

“Kami harap akses ini dimanfaatkan sebaik mungkin guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat perkotaan baru,” ujarnya .

Sementara itu, Camat Pulau Besar, Sumindar mengatakan akses permodalan sangat penting bagi kelembagaan pada area kawasan perkotaan baru.

“Untuk itu melalui evaluasi hasil sosialisasi petunjuk teknis akses pemodalan diharapkan mampu menjadi motivasi bagi masyarakat di kawasan perkotaan baru Batu Betumpang agar bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengelola usaha-usaha yang ada, baik UMKM, usaha-usaha yang diperoleh masyarakat melalui akses permodalan,” katanya.

Ia mengungjaokan, kawasan Perkotaan Baru Batu Betumpang berada di area seluas 16.000 hektar yang terdiri dari tujuh desa seperti, Desa Nyelanding, Desa Sidoarjo, Desa Panca Tunggal, Desa Sumber Jaya Permai, Desa Batu Betumpang dan Desa Bedengung serta Desa Suka Jaya.

“Pengembangan Kawasan Perkotaan Baru ini lemah dalam akses permodalan, untuk itu kami fasilitasi, sehingga tujuan peningkatan kesejahteraan dapat direalisasikan,” ungkapnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish