Sinergi dalam Kebersamaan, Aksi Baik Ramadan X EL John FM Pangkalpinang Berjalan Sukses

PANGKALPINANG, LASPELA- Bulan suci Ramadhan menjadi momen untuk menebar kebaikan dan manfaat bagi sesama. Beragam hal dapat dilakukan seiring mengisi bulan penuh ampunan dengan hal-hal positif terutama bagi generasi muda di berbagai daerah. Hal ini pula yang menjadi ide awal suatu program kerjasama Komunitas Aksi Baik Bangka Belitung (ABB) dengan Radio EL John 88,5 FM Pangkalpinang yang bersinergi mengadakan kegiatan Ramadan dengan tema “Aksi Baik Ramadan X EL John FM” Sinergi Aksi Membangun Kebersamaan.

Acara ini merupakan perwujudan rasa kepedulian generasi muda Babel terhadap 31 anak-anak yatim piatu yang tidak bernaung di Panti Asuhan Kota Pangkalpinang dalam bentuk pemberian dana santunan dan menjadi kakak asuh sehari serta membantu pembangunan serta fasilitas dua masjid di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka. Kegiatan sosial ini juga melibatkan berbagai komunitas anak muda Bangka Belitung yang tergabung dalam community partner kegiatan.

Penggalangan dana berlangsung selama 1 bulan dengan beragam cara seperti Charity On The Road, Charity Online, Garage Sale, Penggunaan jasa Endorsement dan Beauty Class yang mana keseluruhan dana yang diperoleh dari acara tersebut didonasikan bagi target kegiatan ABR X EL John FM. Antusias setiap komunitas yang tergabung dalam kegiatan ini begitu nyata dengan sinergi yang dilakukan setiap hari guna memaksimalkan hasil dana bantuan pada acara puncak kegiatan.

Rangkaian acara puncak Aksi Baik Ramadan X EL John FM berlangsung selama 2 hari yakni Sabtu, 25 Mei 2019 dan Minggu 26 Mei 2019 bertempat di Ruang Koba, Bangka City Hotel Pangkalpinang. Hari pertama diisi dengan kegiatan Beauty Class, Tutorial Hijab dan Hijab Fashion Show yang diperagakan oleh Finalis Putri Pariwista Indonesia Daerah Babel 2019. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB tersebut turut dihadiri oleh Ibu Walikota Pasngkalpinang, Monica Haprinda yang berkesempatan menyaksikan langsung rangkaian acara dan hiburan music akustik yang ditampilkan oleh Gemma Harmoni Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung.

“Jumlah peserta beauty class kali ini adalah 51 orang yang diikuti oleh ibu-ibu organisasi wanita di Kota Pangkalpinang, mahasiswi hingga kalangan umum seperti karyawan pemerintah dan swasta. Ini merupakan salah satu cara kami untuk mengumpulkan dana donasi sosial yang diambil dari biaya pendaftaran setiap peserta.”ujar Ahmad Maalika Mulki selaku Ketua Pelaksana Aksi Baik Ramadan x EL John FM.

“Tahun ini ABB bekerjasama dengan radio EL John 88,5 FM Pangkalpinang mengadakan acara Aksi Baik Ramadan dengan bergam cara unik dan acara puncaknya berlangsung pada hari minggu dengan beragam agenda acara pula.” tambahnya.

Sementara itu, pada Minggu (26/05) pagi, pantauan redaksi eljohnnews.com, sedari pukul 08.00 WIB, 31 anak-anak yatim piatu telah dijemput oleh pihak panitia menuju hotel guna mengikuti rangkaian acara seperti medical check up oleh dokter-dokter volunteer kegiatan, penyelanggraan lomba adzan dan sambung ayat tartil AL Qur’an serta melakukan kegiatan one day shopping di salah satu department store di Kota Pangkalpinang dengan didampingi oleh kakak asuh yang berasal dari panitia kegiatan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari guna menyambut lebaran Idul Fitri 1440 H.

“Adik-adik ini sangat antusias sekali.Mereka begitu bergembira mengikuti lomba dan berbelanja sambil ditemani kakak asuh. Kami pun sangat bahagia bisa melihat keceriaan di mata mereka sepanjang acara.” kata Devi Septryani selaku salah satu kakak asuh anak-anak yatim piatu ABR X EL John FM sekaligus Putri Pariwisata Indonesia Daerah Babel 2019.

Sore hari yang merupakan puncak acara kegiatan Aksi Baik Ramadan X EL John FM dihadiri oleh Ir. Suryo Kusbandoro, MM selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Pemerintah Kota Pangkalpinang sangat mengapresiasi hal-hal positif yang dilakukan oleh adek-adek Komunitas Aksi Baik Babel dan Radio EL John 88,5 FM Pangkalpinang serta community partner di bulan Ramadan ini. Terus lah menjaga kegiatan baik ini dan turut menjaga lingkungan Kota Pangkalpinang dengan kondusif sehingga kenyamanan hidup masyarakat senantiasa terjaga, sukses untuk acara hari ini” ujar Suryo dalam sambutan acara mewakili Pemkot Pangkalpinang.

Beragam hiburan seperti penampilan atraksi Taekwondo dari Taekwondo Evolution Modus Club Bangka, Penampilan hiburan cerita anak oleh Kampung Dongeng, Music Performance dari Savril management, dan Tausyiah agama yang disampaikan oleh Ustadz Zein Fauzi turut menyemarakkan acara puncak tersebut.

Acara ditutup dengan buka puasa bersama dan pemberian dana santunan serta dana pembangunan Masjid An Nur Kota Pangkalpinang dan Masjid AL Hafizh Kace Timur, Mendobarat Kabupaten Bangka. Adapun total dana donasi yang terkumpul adalah Rp 41.705.284,- yang telah didonasikan dengan maksimal terhadap sasaran kegiatan sehingga berjalan dengan sukses.(rill)