Home / BANGKA BELITUNG / Erzaldi  : Pengembangan Inkubasi Bisnis Bagi Milenial Diharapkan Banyak Startup Babel Jadi Pusat Inkubator Bisnis

Erzaldi  : Pengembangan Inkubasi Bisnis Bagi Milenial Diharapkan Banyak Startup Babel Jadi Pusat Inkubator Bisnis

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Kepulaun Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengharapkan Rapat Perencanaan dan Penyusunan Program Pendidikan Berupa Beasiswa Ke Luar Negeri, Lomba Inovasi Siswa Serta Kerjasama pengembangan Inkubasi Bisnis Bagi Milenial yang berminat mengembangkan UMKM antara OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dapat memunculkan startup-startup Babel menjadi pusat inkubator bisnis.

“Kita berharap dari dua kegiatan ini, nanti banyak startup-startup Babel menjadi pusat inkubator bisnis, dari anak-anak itu gol nya. Ini yang saya sampaikan,” kata Gubernur saat membuka dan memimpin rapat, di Ruang Pertemuan Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang, Rabu (22/5/2019).

Ia mengatakan, sengaja mengundang para OPD untuk melihat program yang akan dipaparkan oleh BIC dan yang lainnya. Program tersebut untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam berkreatifitas, mengeksplor kreatifitas di bawah UMKM, tapi pembelajaran ini, berupa pelatihan-pelatihan, study. “Terus mereka melakukan kaya pada produk untuk di coba, dan ini cikal bakal pendidikan suatu usaha, dan ini tidak terlepas dari beberapa OPD, yaitu UMKM, Dispora dan Diknas,” ujarnya.

Erzaldi juga mengharapkan para OPD yang hadir dalam rapat tersebut, nantinya bisa mensingkronkan dan menyusun program bersama pihak ICSB, Nano Tech dan Babel Inovasi.

“Dari awal mereka sudah mendapatkan pembelajaran wirausaha. Untuk memperkuat itu nanti mereka masuk lewat sekolah. Mereka masuk jangan tidak terkoordinir dengan baik. Oleh sebab itu, akan kita buat programnya, kita susun bersama ICSB, digital intrepreneur, UMKM dan nano,” ucapnya.

Erzaldi mencontohkan produk yang bisa dihasilkan menggunakan teknologi nano salah satunya madu.

“Nano ini adalah suatu usaha yang menggunakan teknologi nano, salah satu teknologi dimana mempermudah dan memperkuat suatu produk. Contohnya madu, mau dibuat alat kecantikan yaitu dengan teknologi nano,” terangnya.

Erzaldi juga menambahkan, salah satu Dinas yang bisa melakukan kerjasama dengan Babel Inovasi yaitu Dinas Pendidikan dan Dinas UMKM Babel.

“Berkenaan dengan ini, pogram lainnya itu Babel Inovation untuk membawa siswa SMA, SMK, nanti di bina menjadi inovator dan berkembang untuk membuat produk. Nanti produknya bisa kita ekspos di gebyar SMA dan SMK tahun depan,” tutupnya.(wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish