Tertundanya RZWP3K, Maka Pemprov Ambil Keputusan Berikan Kelonggaran untuk Laksanakan Diskresi

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Sehubungan dengan terus tertundanya Rencana Zonasi dan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) beberapa kegiatan, baik kegiatan dari pemerintahan maupun kegiatan-kegiatan dari usulan perizinan pihak swasta yang belum dapat laksanakan, dimana akhirnya Pemprov Babel mengambil keputusan setelah berkonsultasi dengan Kemendagri dan Menkomaritim, dengan diberikan kelonggaran untuk melaksanakan Diskresi.

Hal ini disampaikan Erzaldi pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan usulan Diskresi dalam rangka Percepatan Pembangunan, Kelancaran Penyelenggaraan Pemerintahan dan Mengatasi Stagnasi, serta Memberikan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat dan Dunia Usaha terkait Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Bidang Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berlangsung di Ruang Pertemuan Tanjung Pendem Kantor Gubernur Babel, Rabu (15/5/2019).

Lebih lanjut, Erzaldi menjelaskan, agar diskresi ini tidak keliru, maka ini harus betul-betul diusulkan dari bawah, sehingga usulan tersebut berdasarkan manfaat dan kepentinganya pun harus jelas.

“Untuk itulah kami mengundang Pak Bupati berkenaan dengan diskresi ini. Kami akan sekaligus point-point mana saja dan kegiatan apa saja yang berkenaan dengan wilayah pantai, itu segera diusulkan. Tapi tidak pertambangan. Ini berkenaan dengan lembaga, pariwisata dan pulau-pulau kecil,” ucapnya.

Selain itu, Erzaldi meminta agar usulan-usulan diskresi dari kabupaten, khususnya Kabupaten Bangka yang mengikuti rapat kali ini, untuk didokumentasikan usulannya, termasuk manfaat dari usulan tersebut.

“Maka itu, kami menunggu usulan-usulan dari Kabupaten, misalnya usulan Kabupaten Bangka. Selanjutnya harus didokumentasikan. Yang pasti usulan tersebut harus dari pemerintah kabupaten, dan apa-apa manfaat dari kegiatan tersebut, termasuk ada tandatangan dari masyarakat,” tuturnya.

Usulan-usulan tersebut, tambah Erzaldi, akan diusulkan kepada Kemendagri dalam waktu dekat ini. “Minggu depan kita akan ketemu langsung dengan Kemendagri, dan akan kami usulkan ini,” tutupnya.(wa)