Home / BANGKA BELITUNG / Sungailiat Triathlon ke-7 Siap Digelar 15 Juni 2019

Sungailiat Triathlon ke-7 Siap Digelar 15 Juni 2019

SUNGAILIAT, LASPELA – Sungailiat Triatlhon merupakan satu – satunya event tingkat Internasional (dunia) yang paling bergengsi. Rencananya acara tersebut akan digelar pada bulan Juni mendatang.
Namun ada beberapa perbedaan- perbedaan yang terjadi disetiap pelaksanaan event, yakni pada waktu pelaksanaan. Jika sebelumnya pelaksanaan acara diselenggarakan pada bulan April minggu ke-3, namun untuk pelaksanaan Sungailiat Triathlon tahun 2019 ini bergeser pada 15 Juni 2019. Hal itu dikarenakan pada bulan April telah dilaksanakannya Pemilu serentak.

Ketua panitia penyelenggara, Dustin Wyrman menyatakan “Ada beberapa perbedaan antara pelaksanaan triathlon ini dengan tahun sebelumnya yakni, waktu pelaksanaan, jika tahun sebelumnya dilaksanakan pada bulan ke 4 minggu ke-3 namun untuk pelaksanaan triathlon tahun ini bergeser pada bulan Juni hal itu dikarenakan pada bulan April telah di adakannya PEMILU serentak. sedangkan pada April lalu merupakan bulan yang memang sudah menjadi agenda Sungailiat Triathlon sebelumnya.”tegas Dustin

Selain waktu pelaksanaan, hal yang membedakan antara pelaksanaan triathlon dengan tahun sebelumnya ialah lintasan sepeda, jika 3 tahun sebelumnya para atlet sepeda start dari Tanjung Pesona menuju arah kota jalan Soedirman kemudian masuk lagi ke Lintas Timur. sedangkan untuk pelaksanaan tahun 2019 ini ada perubahan yakni start dari Tanjung Pesona langsung ke lintas timur jadi tidak melewati jalan Soedirman lagi.

Alasan perubahan jalur itu sendiri kata Dustin dikarenakan sudah adanya survei dari pihak konsultan tekhnis, bahwa jalur yang dipakai sebelumnyai kurang aman karena melewati perkampungan yang padat kemudian jalan utama.

“Jika melewati perkampungan yang padat, justru jalan mengalami kemacetan akibat banyaknya peserta yang ikut Triathlon ini,” jelasnya.

“Kalau untuk lintasan lari dan renang masih sama tidak ada perubahan dari tahun- tahun sebelumnya,”imbuh Dustin.

Dustin menerangkan untuk peserta Triathlon tahun 2019 yang sudah menyatakan siap mengikuti event di Sungailiat ini berjumlah 300 peserta dari berbagai negara

Jumlah peserta ini menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 500 peserta. Namun penurunan jumlah peserta ini ditengarai dari perubahan jadwal atau pergeseran waktu pelaksanaan lomba yang sudah menjadi agenda tahunan sebelumnya. Selain itu juga ada faktor lain seperti kenaikan harga tiket pesawat yang cukup mahal.

Ditambahkan Indrata Konsultan Triathlon, penurunan itu dikarenakan rata-rata para atlet atau peserta yang datang ke Sungailiat sudah mempunyai travel plan/ rencana perjalanan selama satu tahun sebelumnya.

“Hal ini tentunya menjadi salah satu pertimbangan bagi para peserta yang akan mengikuti perlombaan,” sebutnya. (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish