Japnas Babel Gelar Diklat Pendidikan dan Pelatihan

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Perhimpunan Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan serta pendataan anggota antar Pengurus Wilayah Japnas Bangka Belitung, yang berlangsung di Hotel Santika, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (10/4/2019).

Dalam hal ini, Ketua Japnas Babel Basit Sucipto, mengatakan berdirinya perkumpulan Japnas ini bertujuan untuk membangkitkan potensi daerah dibidang ekonomi, membangun jaringan usaha dari berbagai macam sektor.

“Selain itu juga mewujudkan sinergi bisnis antar pengusaha di Indonesia. Dan juga mewujudkan portal bisnis bagi pengusaha nasional dan intenasional,” kata Sucipto.

Ia menjelaskan, Japnas Babel berdiri sejak satu tahun lalu dengan keanggotaan lebih dari 60 orang pengusaha yang tersebar di seluruh Babel.

“Dan untuk di Babel sendiri baru kali pertama kita menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan ini, dengan tujuan memberi penguatan dan pemahaman kepada para anggota terkait tubuh organisasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sucipto menyampaikan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun hanya bisnis maching karena semua kegiatan yang dilakukan Japnas tidak untuk dipublikasi karena Japnas lebih menekan pada diskusi bisnis dan upgrade skill masing-masing.

“Kegiatan rutin kita hanya bisnis maching sebagai amanah dari organisasi sehingga anggota juga bisa berimplikasi membentuk jaringan. Dan kita akan mengundang pengusaha diluar jaringan untuk saling bersinergi,” terangnya.

Sucipto juga menambahkan, Japnas adalah organisasi dalam jejaring bisnis, dimana anggota dituntut untuk memiliki website agar masing-masing anggota dapat berkonekting, karena di profil web tersebut ada berbagai macam pengusaha.

“Di Japnas kita hanya mengenal dua kata, yakni bisnis dan sinergi, sehingga Japnas tidak perlu menggelar edukasi bisnis karena anggota hanya perlu berdiskusi dan bersinergi mengembangkan jaringan yang ada,” tutupnya.(wa)