Susu Kurang, KPUD Basel Sampaikan ke KPU RI

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA- Terkait kurangnya surat suara (susu) di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bangka Selatan (Basel) telah disampaikan oleh KPU Basel ke biro logistik KPU RI.

Adapun kekurangan tersebut mencakup surat suara Presiden sebanyak 1.205, DPD RI 1.401, DPR RI 1.499, DPR provinsi Babel 1.820 dan DPRD kabupaten 516. “Kalau total surat suara yang kurang, mulai dari presiden hingga DPRD kabupaten mencapai 6.541,” kata Ketua KPU Basel, Amri.

Walaupun sudah menyampaikan kekurangan susu itu ke biro logistik KPU RI. Ia mengatakan sejauh ini belum bisa memastikan, kapan kekurangan susu tersebut didistribusikan ke pihaknya.

Menurut Amri, surat suara yang terima pihaknya sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2 persen surat suara cadangan.

Dan kekurangan tersebut telah kami sampaikaman ke biro logistik KPU RI, cuma belum tahu kapan digantinya,” ujar Amri di temui dari gudang logistik, Kamis (4/4/2019)

Selain itu, lanjut Amri jumlah surat suara Pemilu 2019 yang rusak di KPUD Bangka Selatan, bertambah menjadi 1.147 dari jumlah sebelum nya 76. Bertambahnya, jumlah tersebut menyusul kedatangan surat suara Presiden dan DPD RI beberapa waktu lalu.

Menurutnya bertambahnya jumlah surat suara rusak tersebut, pasca dilakukanya pelipatan serta pernyortiran surat suara Presiden dan DPD RI baru baru ini. temuan kerusakan surat suara tersebut pun, telah disampaikan pihaknya ke biro logistik KPU RI berbarengan dengan penyampaian kekurangan surat suara.

“Rincian untuk surat suara yang rusak Presiden 88, DPD RI 284, DPR RI 128, DPRD provinsi 503 dan DPRD Basel 144 surat suara. Dan itu juga telah kami sampaikan ke logistik KPU RI serentak dengan kekurangan surat suara kemarin,” bebernya. (Pra)