Home / BANGKA BELITUNG / Pokdarwis di Basel Berperan Tingkatkan Pariwisata di Bumi Junjung Besaoh

Pokdarwis di Basel Berperan Tingkatkan Pariwisata di Bumi Junjung Besaoh

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Salah satu stakeholder yang ikut berperan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat ini yakni kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) Basel, Haris Setiawan mengatakan terdapat belasan pokdarwis yang menyebar di seluruh objek wisata di Bumi Junjung Besaoh saat ini.

“Ada 15 pokdarwis yang sudah dikukuhkan oleh DPKO Basel yang diantaranya Pantai kelisut, Batu Belimbing, Batu Kapur, Tj. Labun, Tukak, Kerasak, Bukit Gebang, Tj. Labu, Bukit Nenek, Simpang Rimba, Nyelanding, Pulau Besar, Bukit Gadung dan Payung,” kata Haris kepada wartawan, Selasa (26/3) di ruang kerjanya.

Adapun tupoksi Pokdarwis, lanjut Haris yakni agar bisa memberikan edukasi dan gerakan sadar wisata kepada masyarakat yang ada disekitar kawasan objek wisata.

“Untuk saat ini kita fungsikan sebagai pengelola kawasan wisata, walaupun idealnya pengelolanya objek wisata bukan Pokdarwis tapi BUMDes karena mereka bisnis dengan harapan ada pemasukan dan mengelola kawasan wisata,” ujarnya.

Karena hal itu, ia menuturkan pihaknya masih menunggu SK pengelola, langkah selanjutnya apa diserahkan ke Dinas atau mau dikelola oleh Desa.

“Kita menunggu SK pengelola wisata apa dari dinas atau dari desa,” tukasnya.

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish