Home / BANGKA BELITUNG / Darlan : Penyempurnaan SOP untuk Menyamakan Persepsi dan Sharing yang Berkaitan dengan Core Bisnis

Darlan : Penyempurnaan SOP untuk Menyamakan Persepsi dan Sharing yang Berkaitan dengan Core Bisnis

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Asisten Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bidang Administrasi Umum, Darlan, secara resmi membuka pertemuan yang diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Babel, dalam rangka Percepatan, Perbaikan dan Penyempurnaan Standar Operasional Prosedur (SOP) tahun 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri narasumber, yakni Konsultan SDM, Dewi Hanggraeni, yang setelah pembukaan memaparkan materi mengenai Peta Proses Bisnis Pemprov Babel.

Selain Dewi, juga dihadirkan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum, Darlan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi, sharing berkaitan dengan Core Bisnis, prosedur yang dijalankan di masing – masing Dinas.

Terlebih saat ini, lanjut Darlan, memasuki Era Industri Digital 4.0, dimana seluruh kegiatan yang dilaksanakan melalui Sistem Teknologi Informasi. “SOP merupakan pedoman bagi setiap Dinas untuk melaksanakan tugas dan Fungsinya,” ujarnya pada pertemuan di Ruang Pasir Padi, Jumat (8/3/2019).

Darlan menyampaikan, sekecil apapun pekerjaan penting, agar sesuai dengan SOP yang disusun.

Sebelumnya, Kepala Biro Organinasi Setda Babel, Harry Patriadi dalam laporannya menyampaikan dimana kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan.

“SOP yang saat ini sebenarnya dimiliki oleh setiap Dinas, bukan hanya pelengkap tugas kita sehari – hari, tetapi pahami bersama bahwa SOP ini adalah pedoman dari setiap tugas yang dilaksanakan,” terangnya.

Ia meyakini SOP yang ada di masing – masing dinas belumlah sempurna. Oleh sebab itu, pada pertemuan ini, akan dibahas perbaikan dan penyempurnaan SOP yang didasarkan pada Legal Formal. “SOP ini juga dapat mempengaruhi penilaian SAKIP dan SPIP,” tutupnya. (Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish