Badan Kehormatan DPRD Bateng Seperti Macan Ompong

Badan Kehormatan DPRD Bateng Seperti Macan Ompong

Oleh : Herdian Farid Effendi

Koba, Laspela – Badan Kehormatan (BK) DPRD Bangka Tengah (Bateng) terkesan seperti macan ompong karena tidak bisa mengatasi anggota dewan yang kurang disiplin dalam bekerja.

Sebagian anggota DPRD Bateng saat ini terkesan seperti malas-malasan untuk hadir dalam Rapat Paripurna Pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada Kamis,(13/12) lalu, dan bukan hanya itu saja sering kali media ini melihat secara langsung masih ada anggota yang datang terlambat dan tanpa keterangan.

Hal tersebut sangat disayangkan, menurut mantan anggota DPRD Bateng periode 2004-2009 H Herman Effendi A.Rani SH MH sikap kurang disiplinnya anggota DPRD Bateng saat ini semestinya tidak perlu terjadi.

“Seyogyanya anggota DPRD Bateng menunjukkan sikap tanggung jawab dan profesional dalam bekerja karena mereka dibayar dari uang rakyat dan bukan sebaliknya,”ujar Herman Minggu,(16/12).

Ia menambahkan masyarakat saat ini sudah sangat cerdas dan pintar, mereka akan menilai kinerja para anggota dewan yang memang bekerja sepenuh hati atau bekerja setengah hati.

“Jangan kecewakan harapan rakyat jadilah anggota DPRD yang selalu menjembatani kepentingan rakyat dengan memberi contoh disiplin dalam bekerja terlebih dalam agenda besar seperti Paripurna,”ulasnya.

Herman melanjutkan seharusnya Badan Kehormatan (BK) DPRD Bateng memberikan teguran atau peringatan kepada anggota dewan yang lalai jangan jadi seperti macan ompong.

“BK harusnya bertindak minimal diberi teguran dan peringatan kan sudah jelas BK dibentuk untuk meluruskan setiap pelanggaran yang terjadi di DPRD kode etiknya sudah jelas,”tukasnya(hfe)