Kegiatan Pertinas SWBB Gandeng UMKM

PANGKALPINANG, LASPELA – Kegiatan Perkemahan Bhakti Nasional (Pertinas) Saka Widya Budaya Bhakti (SWBB) yang di gelar di Provinsi Bangka Belitung (Babel) turut menggaet para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Babel. Kamis (22/11/2018).

Menurut Zamhari Wakil Ketua Pembina Muda (Wakabinamuda) Pramuka Bangka Belitung, Pertinas yang di gelar 19 hingga 25 November itu akan memberikan efek domino dalam kegiatan ekonomi UMKM disamping memperkenalkan produk yang menjadi ciri khas Bangka Belitung.

“Seperti yang kita tahu peserta yang ikut dalam Pertinas ini lebih dari 1000 peserta nilai keuntungannya pun besar bayangkan jika 1 orang membawa uang lebih dari Rp300 – Rp500 ribu besar keuntungannya banyak sekali, untuk itu bu Melati Erzaldi sebagai ka Kwarda dalam penelitian terdapat beberapa OPD Provinsi nah dari situ UMKM Provinsi yaitu bu Elviani menggarap kembali UMKM-UMKM Babel dan di bawa kesini, jadi bisnis ini memang untuk para UMKM, ” jelasnya.

Meski diawal kegiatan diakui Zamhari, banyak pelaku UMKM yang tak begitu yakin dengan stand mereka akan dikunjungi, namun kegundahan para pelalu UMKM ini terjawab sudah dengan membludaknya permintaan terutama makanan olahan dari bahan ikan.

“Pada awalnya memang para UMKM merasa tidak yakin dan bingung karena peserta dalam kegiatan ini berbeda asalnya, seperti dari Jawa, Sumatera dan lainnya, kita tidak tahu apa yang mereka suka, namun setelah hari kedua mereka sudah mulai tahu, contohnya produk ikan laut sekian persen, produk satu ini sekian persen, intinya kami full menggaet para UMKM di sini,” Ungkapnya.

Zamhari juga menuturkan kehadiran stand UMKM ini tentu dapat membantu kebutuhan para peserta maupun panitia untuk memenuhi kebutuhan makan.

“Bahan-bahan sembako dan cemilan juga disiapkan UMKM. Jadi tidak perlu repot-repot mencarinya,” imbuhnya.(dnd)