DPPP Basel Segera Terbitkan Sertifikasi bagi Pengolah Produk Kelautan dan Perikanan

Oleh : Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA – Dinas Petanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan pembinaan dan sertifikasi penyuluhan keamanan dalam rangka peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan di Basel.

Dikatakan Kepala Dinas PPP Basel, Suhadi kegiatan ini bentuk sinergitas antara nelayan dan pemerintah kabupaten Basel melalui Dinas PPP bidang perikanan dalam bentuk upaya peningkatan produktivitas bagi masyarakat dibeberapa desa di Basel.

“Kita Mendekatkan diri dengan masyarakat Desa Kumbung, Penutuk, Tanjung Labu, dan Tanjung Sangkar dalam rangka pembinaan dan sertifikasi penyuluhan keamanan sebagai wujud peran bidang perikanan untuk peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan,” kata Suhadi kepada wartawan, Rabu (14/11).

Acara ini, lanjut Suhadi bertujuan untuk mewujudkan komitmen dan kerjasama antara DPPP, Dinas Kesehatan, dan BPOM Pangkalpinang dalam perhatian kepada masyarakat yang membidangi produk perikanan di Basel.

“Output dari kegiatan ini adalah para pengolah produk perikanan mengetahui cara pengolahan ikan yang sesuai dengan standar keamanan pangan dan memenuhi kelayakan hygine sanitasi,” ucapnya Suhadi.

Tak hanya itu, ia berujar seluruh peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan yang akan dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Basel yang masuk kriteria.

“Peserta dari berbagai desa itu akan kita penuhi dengan sertifikasi dengan catatan telah memenuhi standar nilai dalam pre test dan post test dan sertifikat ini sendiri adalah salah satu persyaratan untuk pengajuan PIRT,” ujarnya.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat lebih efesiensi dalam percepatan daya saing produk kelautan dan perikanan Basel.

“Kita berharap dengan skema seperti ini dapat lebih efektif dan efisien untuk percepatan peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan,” harapnya.