Pemkab Bangka Raih 2 Kali Berturut Opini WTP

SUNGAILIAT, LASPELA – Pemkab Bangka sudah menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2 tahun terakhir ini secara berturut – turut pada tahun 2016 dan 2017 dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penyerahan penghargaan WTP diserahkan Supendi selaku Kanwil Ditjend Pebendaharaan dan diterima Bupati Bangka, Mulkan, serta disaksikan oleh Wakil Bupati Bangka Syahbudin, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian Napitupulu, Sekda Bangka Akhmad Mukhsin dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka. Senin (29/10/2018) di ruang Bina Or Praja kantor Bupati Bangka.

Penghargaan yang telah di dapat kata Bupati patut disyukuri dan dipertahankan karena tidak semua Pemda yang menerima penghargaan serupa. Dan penghargaan ini juga dapa menjadi pemicu dalam meningkatkan inovasi guna mempertahankan tata kelola pemerintahan yang bersih.

Dijelaskan Mulkan, bahwasanya masih ada beberapa program OPD yang tidak tercapai, harus di upayakan kinerja peningkatan etos kerja kepada OPD yang bersangkutan.

Adapun nanti koordinator yang sudah dibentuk untuk pengawasan dan upaya percepatan kinerja dalam pembangunan dan meningkatkan serapan dana dalam berbagai kegiatan yang berada di lingkungan Pemkab Bangka.

“ Jangan sampai anggaran yang sudah tersedia namun kita tidak bisa memanfaatkan dan mengendalikannya karena itu kita jangan ada ego di dalam diri tetapi lakukanlah pekerjaan dengan bahu – membahu dalam melaksanakan program kegiatan sehingga mendapat capaian sesuai dengan rencana,” ujar Mulkan.

Supendi Kanwil Ditjend Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat memberikan penghargaan WTP kepada Pemda menerangkan penilaian opini WTP dari pihak kemekeu karena Pemkab Bangka dinilai tata kelola keuangan sangat bagus dan tidak ada tindak pidana korupsi yang tertera dalam penggunaan dana APBN.

“Jika ada pemimpin di daerah yang melakukan tindak pidana korupsi, maka penghargaan tidak jadi diberikan,” tegas Supendi.

Ia melanjutkan peningkatan dana APBN di kabupaten Bangka dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup baik 70%.

Diharapakan kepada seluruh pegawai dan OPD lainya agar tetap mempertahkan penghargaan ini untuk tahun selanjutnya agar menjadi Bangka yang maju. (Ovi)