Songsong Penetapan KEK Pariwisata, Bangka Gelar Empat Event

Oleh: Agus Ismunarno dan Olvi Babelia LASPELA Media Group

  • Jelang Penetapan Pahlawan Nasional dari Babel
  • Target Trail Run 1.000 Peserta

RASA OPTIMISTIK penuh pengharapan menyongsong penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Bangka, Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka menggelar empat event mulai 6 Oktober 2018 hingga 2 Desember 2018.

Empat Event itu masing-masing Sungailiat Adventour Trail yang diselenggarakan 6 – 7 Oktober 2018, Start and Finish di Tanjung Pesona Beach Resort, Wonderful Sail Indonesia, Sungailiat 22 – 25 Oktober 2018, Festival Kepariwisataan Lomba Kuliner Khas Bangka dan Dulang Kue Nampan di Tanjung Pesona, 23 Oktober 2018 ,

Sedang di bulan penghujung tahun, 2 Desember 2018 diselenggarakan Lintas Timur Sungailiat Trail Run, One Supreme Ring to Lead Them All oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka bersinergi dengan KADIN Kepulauan Bangka Belitung, PT Pantai Timur Sungailiat dan NBC.
Target Trail Run ini di atas 1.000 peserta.

Strategi Jitu

Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyambut baik prakarsa menggelar berbagai even di Sungailiat Bangka.

“Berbagai even yang digelar itu merupakan strategi yang jitu dan efektif untuk mempromosikan pariwisata Bangka ke nasional dan dunia. Tidak mungkin kita hanya mengharapkan keindahan pantai, laut dan alam. Even nasional dan internasional harus kita gelar. Itu cara jitu berpromosi,” kata Mulkan saat membuka Rakor Pemantapan Empat Even di Kantor Bupati.

Ia menandaskan, Pemerintah Daerah dan Masyarakat Bangka sudah sepakat untuk menjadikan Sungailiat Bangka sebagai Sport Tourism City.

Yohanes Then

Pada saat dilantik oleh Gubernur Dr H Erzaldi Rosman SE MM, orang momor satu di Babel itu berpesan agar KEK Pariwisata Sungailiat, Bangka yang segera ditandatangani Presiden Jokowi hendaknya digarap dengan serius.

Kadis Parpora Bangka, Asep Setiawan optimis KEK Pariwisata Bangka ditetapkan.

Ia bahkan mengungkapkan sudah puluhan investor yang sudah melirik untuk berinvestasi di KEK Sungailiat Bangka.

“Puluhan investor itu saya amati bukan investor teri namun investor papan atas dengan reputasi yang baik,” kata Asep Setiawan.

Sementara Koordinator Empat Event, Indrata Yusaka, Kepala Bidang Pemasaran DINPARPORA BANGKA mengungkapkan berbagai keunggulan lokasi Sungailiat Bangka yang tidak dimiliki oleh kabupaten dan provinsi lainnya.

“Kita punya pantai dan laut sekaligus bukit-bukit. Bekas-bekas tambang pun kita jadikan arena yang eksotik dengan danau birunya. Soal view dan tantangan, Sungailiat Bangka memiliki berbagai keunggulan,” kata Indrata yang memimpin Rakor pemantapan.

Yohanes Then, GM Tanjung Pesona Beach Resort menyatakan kesiapannya dalam menyambut para tamu sport tourist.

“Even-even ini dilaksanakan pada momen yang tepat di saat menjelang penetapan KEK. Sangatlah tepat kalau penetapan KEK itu digairahkan dengan even-even pariwisata sebagai rasa tanggung jawab mengisi KEK tersebut,” kata Yohanes Then.

Sementara Ketua Umum KADIN Kepulauan Bangka Belitung, Ir Thomas Jusman MM menyambut baik prakarsa gelaran empat event tersebut.

Thomas Jusman

“Ini merupakan langkah yang baik dalam mewujudkan transformasi ekonomi di Babel ‘seraya melaksanakan very good mining practise, memperkuat pilar pariwisata’. Dan even-even sport tourism yang akan digelar tersebut merupakan kekhasan KEK Sungailiat Bangka,” kata Thomas Jusman.

Sementara menanggapi Sport Tourism yang umumnya diikuti oleh kaum muda, Wakil Ketua Umum KADIN Babel Agus Ismunarno mengungkapkan, “Heroisme pada Adventour Trail dan Trail Run bertepatan dengan penyambutan penetapan Pahlawan Nasional dari Babel, Hari TNI, Sumpah Pemuda, serta Hari Pahlawan. Peringatan hari-hari itu sangat bernuansa heroik” (*)

 

https://www.youtube.com/watch?v=GIiSpvA-lPQ&feature=share&app=desktop