Isu Begal Hoaks, Dibantah Polisi, Pelaku Hanya Satu

Oleh Junianto Ade Sahputra

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Belakangan warga di Belitung dihebohkan muncul isu begal, jambret yang berkelompok.

Isu ini tiba-tiba dengan cepat menyebar kemana-mana. Hingga akibat aksi ini membuat masyarakat berjaga-jaga dan mengaktifkan siskamling. Polisi telah berhasil menangkap salah seorang pelaku di gang cantik Kelurahan Parit beberapa waktu lalu akibat bantuan masyarakat.

Kasat Binmas Polres Belitung AKP Zakaruddin mengatakan isu jambret berkelompok dan begal di Belitung adalah hoaks. Pelaku sesungguhnya hanya satu orang. Dan benar pelakunya kata beliau melakukan tindak kejahatan di 11 lokasi berbeda.

“Jadi tidak betul itu ada begal, katanya temannya banyak. Jadi saya sampaikan itu adalah hoak, pelakunya cuma satu orang kok, ” ujarnya dalam acara sosialisasi penyakit masyarakat di kantor Bupati Belitung, Selasa (18/9/2018).

Masyarakat kata ia harus pintar menyaring informasi yang beredar agar tak tergoreng isu hoak. Namun akibat isu ini sisi positifnya adalah masyarakat mengaktifkan kembali poskambling.

Hal ini menjawab pertanyaan Kades Badau Hermawan tentang kebenaran isu begal ini. Dalam kesempatan itu Hermawan juga meminta saran agar masyarakat tidak terlalu khawatir lagi karena pelaku hanya satu orang dan sudah ditangkap.

“Karena para pemuda di desa kami saat ini berjaga dan kadang tidak koordinasi lagi, saya khawatir kalau mereka main hakim sendiri,” tukasnya. (jun)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: