HUT PMI ke 73, PMI Basel Kirimkan 4 Perwakilan pada Temu Karya di Jabar

Oleh : Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA – Memasuki usia Palang Merah Indonesia (PMI) ke 73 yang diperingati setiap 17 September, PMI kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan mengirimi perwakilan pada acara Temu Karya HUT PMI di Waduk Jati Luhur, Jawa Barat pada tanggal 17-25 September mendatang.

Dalam acara Temu Karya itu juga bertujuan meningkatkan karakter kepalangmerahan dan kualitas kepemimpinan guna mendukung kapasitas organisasi PMI dan SDM PMI disetiap daerah masing-masing.

Adapun perwakilan dari PMI Basel yang bakal berangkat acara temu karya HUT PMI ke 73 tersebut sedikitnya empat orang. Dengan dipilhnya ke empat perwakilan ini tidak serta merta asal-asalan, tetapi telah melalui beberapa tahapan penyeleksian.

Adapun empat orang tersebut diantaranya M. Alfadjra wahyuda (mahasiswa UBB teknik Mesin), Suwarsiadi (Penari nasional), M. Iskandar (Satpol PP Pariwisata), M. Alfadjri (Security).

Sebelum bertolak ke acara Temu Karya tingkat Nasional ini, empat perwakilan PMI Basel terlebih dahulu di karantina di Pangkalpinang dimulai pada 12-16 September mendatang.

ketua PMI Basel, Iskandar mengatakan, dalam rangka evaluasi pembinaan dalam hal ini adalah anggota korps sukarela, tenaga Sukarela, dan pendonor darah. Temu karya tingkat nasional ke VI tahun 2018 ini yakni sebagai wadah untuk melakukan evaluasi pembinaan KSR, TSR,DDS dan tukar menukar informasi serta pengalaman antara pengurus, pegawai, relawan, pembina serta para pelatih di organisasi PMI.

“Temu Karya VI 2018 akan di ikuti oleh KSR, TSR dan DDS yang di ikuti dari 250 perguruan Tinggi dan 17 negara sahabat jumlah 3000 peserta yang nantinya akan berkumpul di Waduk Jatiluhur kabupaten Purwakarta, provinsi Jawa Barat,” kata Iskandar kepada wartawan, Jumat (7/9).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sejarah, karena selama 73 tahun PMI bisa berkumpul bersama se Indonesia pada tanggal 17 September 2018 dan akan digelarkan upacara besar dan banyak kegiatan akan dilaksanakan dalam ajang nasional tersebut.

Selain itu, ia juga mengucapkan apresiasi atas bantuan segala pihak yang sangat mendukung kegiatan PMI Basel untuk ikut andil dalam perhelatan akbar tingkat nasional ini.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung segala kegiatan PMI Basel, Ibu Ekawati Justiar, PT Timah, dan pihak sponsor yang telah berjasa besar dalam setiap acara yang diselenggarakan oleh PMI Basel,” tukasnya.