Kemenpan RB Pra Evaluasi SAKIP Pemkab Bangka

SUNGAILIAT, LASPELA-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB ) melakukan pra evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP ) Pemerintah Kabupaten Bangka.

Pra evaluasi SAKIP dibuka Bupati Bangka Tarmizi Saat, Sabtu (25/8/2018) di ruang Bina Praja kantor Bupati Bangka yang diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Tarmizi menjelaskan, pra evaluasi SAKIP sebagai awal persiapan penilaian SAKIP yang diharapkan meningkatkan komitmen pemerintah meningkatkan kinerja melalui pendekatan diantaranya perencana kinerja melalui Bappeda, pelaporan kinerja dan evaluasi, serta capaian kinerja seluruh OPD.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) ditetapkan melalui Peraturan Daerah (RPJMD), Bupati Bangka Tarmizi Saat menginginkan bila dimungkinkan RPJMD dapat dibuat melalui Peraturan Bupati saja.

Menurutnya, reformasi birokrasi menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah

Untuk mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan melayani, diantaranya melalui peningkatan SAKIP. Sedangkan strategi Pemkab Bangka dalam meningkatkan SAKIP, diantaranya dengan meningkatkan kelembagaan yang efektif dan efesien, meningkatkan organisai dan tata kelola pemerintahan, meningkat pendidikan untuk aparatur pemerintah daerah.

Untuk meningkatkan kepercayaan dan peningkatan pelayanan publik, Pemkab Bangka melakukan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Disamping pengelolaan sarana dan prasarana pelayanan publik lebih baik dan berkualitas

“ Saya mengucapkan terimakasih atas bimbingan dari Kemenpan RB terhadap SAKIP ini,” ujar Tarmizi Saat.

Peningkatan SAKIP merupakan upaya untuk mencitakan tata pemerintah yang bersih dan baik.

Sementara itu penilai akuntabilitas Pemkab Bangka dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang menunjukan hasil mengembirakan dari C , hingga saat ini telah mendapatkan nilai B untuk selanjutnya bergerak ke BB.

“ Saya menargetkan Pemkab Bangka dapat meningkatkan nilai menjadi BB,” harap Tarmizi.

Pra evaluasi SAKIP yang dilakukan tim Kementerian PAN RB dipimpin Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pemantauan dan Evalusasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemenpan RB, Kamarudin, AK, MSc, yang akan dilanjutkan dengan perbaikan guna mencapai SAKIP yag maksimal. (Rus/Humas)