Home / BANGKA BELITUNG / Bangka Belitung Salah Satu Provinsi yang Dikunjungi Peserta Kirab Pemuda 2018

Bangka Belitung Salah Satu Provinsi yang Dikunjungi Peserta Kirab Pemuda 2018

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Kurang Lebih sebanyak 12 ribu peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Kirab Pemuda 2018 yang dicanangkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

“Kita ditahun ini kembali menggelar kegiatan Kirab Pemuda yang mana nanti akan dilaksanakan pada September-November mendatang,” kata Asisten Deputi Bidang Wawasan Pemuda Kemenpora RI, Almad Hudri saat melakukan seleksi wawancara kepada peserta Kirab Pemuda 2018, di hotel Grand Vella Pangkalpinang, Kamis (2/8/2018).

Ia menyampaikan Kirab Pemuda 2018 sendiri akan dilaksanakan pada 5 September hingga 15 November 2018 yang mana nantinya akan di ikuti oleh seluruh pemuda dari 34 Provinsi se-Indonesia.

“Dimana nantinya masing-masing mengirimkan sepasang putra-putri yang berusia 19-25 tahun. Tentu ini bertujuan untuk menyatukan para pemuda dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dan Pemuda yang terpilih menjadi duta daerah, karena disinilah mereka akan mengkampanyekan potensi daerahnya ke daerah lain,” ungkapnya.

Almad menyebutkan untuk jumlah sendiri sangat antusias dan semangat untuk menjadi peserta Kirab Pemuda 2018 ini yang mana telah mendaftarkan diri sampai sejauh ini hampir 12rb peserta.

“Tapi yang masuk berkas di kita sekitar 400 lebih untuk se-Indonesia. Dan perwakilan dari Babel sendiri cukup banyak yakni sekitar 20 peserta yang mendaftarkan diri. “Dan hari ini kita dalam tahap wawancara nanti dari 20 perserta ini kita akan seleksi 6 orang dan tahap berikutnya kita akan pilih 2 orang peserta pasang yakni putra-putri,” lanjut Almad.

Almad menjelaskan untuk Kirab Pemuda tahun ini dibagi dalam dua zona, yakni untuk zona 1 dan 2.

“Zona satu dimulai dari Banda Aceh atau Sabang, dan zona dua berangkat dari Merauke. Para Pemuda ini nantinya akan melintasi semua provinsi yang terbagi dalam zona masing-masing dalam waktu 73 hari dan titik kumpul di Bali,” terangnya.

Lebih lanjut, Almad menambahkan dimana dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antara pemuda agar semua mempunyai rasa tanggung jawab dan kebersamaan, tanpa membedakan suku, agama dan adat budaya.

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Dispora Babel, Ferdiyan Hermawan Loebis sekaligus ketua panitia mengatakan, Bangka Belitung menjadi salah satu Provinsi yang akan dikunjungi peserta Kirab Pemuda pada tanggal 3-7 Oktober 2018.

“Alhamdulilah untuk Kirab Pemuda 2018 ini dari 34 Provinsi se-Indonesia, Babel menjadi salah satu Provinsi yang akan dikunjungi pada tanggal 3-7 Oktober 2018 yang mana titik kumpulnya di Sungai Liat,” ujarnya.

Bob sapaan akrabnya menjelaskan untuk awal tiba di Babel para peserta akan diterima oleh Gubernur Babel, dan hari kedua akan ramah tamah dengan pemuda matras disertai bakti sosial menanam terumbu karang.

“Selanjutnya para pemuda akan mengikuti seminar di kampus UBB, dan ada senam masal. Setelah itu ada kegiatan city tour ke daerah wisata, pawai budaya dan festival band, seni dan musik,” ucapnya.

Ia menambahkan untuk peserta Kirab Pemuda 2018 ini khususnya pemuda Babel yang terpilih dapat mempromosikan potensi yang ada di Babel.

“Kita harap pemuda Babel yang terpilih mengikuti kirab ini dapat mempromosilan potensi pariwisata yang ada di Babel, serta mempelajari kemajuan provinsi lain agar dapat dikembangkan di Babel,” tutupnya. (Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish