Home / BANGKA BELITUNG / Festival Telok Serujo dan Toboali Fashion Carnaval Bentuk Media Promosi

Festival Telok Serujo dan Toboali Fashion Carnaval Bentuk Media Promosi

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Festival Telok Terujo dan Toboali Fashion Carnaval 2018 salah satu bentuk media promosi warisan budaya berdampingan dengan kreatifitas designer dan seniman lokal yang patut dihargai.

Bupati Bangka Selatan, Drs. H. Justiar Noer mengatakan arakan Telok Serujo yakni tradisi yang mengakar kuat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan memaknai kelahiran, kebahagiaan, kehidupan baru dan rasa syukur dalam setiap sendi kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Telok serujo sendiri telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda nasional, sehingga menjadi kebanggaan bagi kita untuk terus melestarikan budaya ini bersama,” kata Justiar, Minggu (29/7) dihadapan tamu undangan diantaranya, Menpar RI diwakili Kasubid Pemasaran I Ehsan, Gubernur Babel diwakili Sekda Babel Yan Megawandi, Ketua DPRD Basel Sipioni, Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra, Kapolres Basel AKBP. Aris Sulistyono, Danrem Babel diwakili Letkol. Inf. Suhardi, Dandim Bangka 0413, Danposmat TNI AL, Kadispar Babel, Kepala OPD se Basel, Ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar, Ketua Dharma Wanita Basel.

Sedangkan Toboali Fashion Carnaval, Justiar mengharapkan anak-anak muda generasi penerus dapat mengembangkan kreatifitas skill yang dimiliki, sehingga dapat disalurkan bakat dan minatnya.

“Anak-anak muda dan komunitas kreatif yang ada di Bangka Belitung ini memiliki media untuk menyalurkan bakat dan minatnya dalam pengembangan kebudayaan dalam bentuk fashion shom,” harap Justiar.

Ia juga mengapresiasi peserta yang ikut berpartisipasi baik dalam maupun luar daerah Basel yang telah antusias menyemarakkan TCOF season 3 Toboali.

“Semangat dan antusias peserta patut kita apresiasi bersama dan semoga festival telok serujo dan Toboali Fashion Carnaval ikut menjadi daya tarik wisatawan datang ke Bangka Selatan,” ujarnya.

Dengan rasa bangganya, Justiar juga berharap pengunjung wisatawan yang menyaksikan TCOF sesi 3 ini dapat mengetahui dan mengenal khas budaya adat dari Negeri Junjung Besaoh.

“Selamat menikmati pagelaran festival telok serujo dan Toboali Fashion Carnaval – Toboali City On Fire sesi 3 tahun 2018 ini, selamat berkompetisi dan berkarya cipta, mengenal seni dan budaya kabupaten Bangka Selatan serta selamat mengexplore destinasi-destinasi wisata kami,” tukas Justiar.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish