Home / BANGKA BELITUNG / Pelaku UKM Basel Manfaatkan Momen TCOF Dongkrak Pendapatan

Pelaku UKM Basel Manfaatkan Momen TCOF Dongkrak Pendapatan

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Adanya even pariwisata Toboali City On Fire (TCOF) Season 3 di Pantai Laut Nek Aji, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yang berlangsung 3 hari berturut, 27-29 Juli 2018 dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) masyarakat Basel.

Tepantau dilapangan, dengan disiapkan stand di pinggiran Pantai Laut Nek Aji oleh panitia pelaksana pelaku UKM tidak mensia-siakan momen tersebut, nampak stand tersebut terisi penuh dengan beragam menu kuliner yang disajikan pelaku UKM se Basel di pusat kegiatan event wisata nasional TCOF ke 3 tahun 2018.

Berbagai jajanan kuliner khas daerah maupun nasional yang dijajakan ditempat tersebut untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner diantaranya, empek-empek, Mie, Bakso, Es Campur, Es Buah, Tekwan, otak-otak daun pisang, Nasi campur dan masih banyak lagi jajanan lainnya yang ramai diserbu pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Mas Budi contohnya, pelaku usaha UKM dengan menjajakan pentolan Bakso mengatakan, ia dan rekan-rekan se profesi memang sudah menunggu event tersebut diselenggarakan, mengingat event tersebut hanya sekali dalam setahun dan sangat memberikan manfaat bagi dirinya dan rekan-rekan pedagang kecil lainnya.

“Kami selaku pedagang makanan ini memang sangat menunggu event seperti ini apalagi event ini hanya setahun sekali diadakan. Event ini dirasakan sangat membantu saya dan teman-teman pedagang lainnya dalam meningkatkan penghasilan sebagai pedagang kecil,” ungkapnya, Sabtu, (28/7).

Senada dikatakan Minarti, pedagang kuliner lainnya di pusat Jajanan Kuliner dan UKM, rasa senangnya atas event tersebut mengingat dari event tersebut dirinya juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dari penghasilannya sehari-hari.

“Biasanya kalau tidak ada cara begini, penghasilan kita minim, tapi sudah dua hari ini Alhamdulillah pendapatan kita jauh lebih besar jadi kami sangat senang dan sangat merasakan manfaat dari acara ini,” ujar Minarti di sela-sela melayani pembeli di stand kulinernya.

Ia juga berharap agar event tersebut tidak hanya diadakan setahun sekali tetapi lebih sering diadakan agar bisa membantu dongkrak pendapatan pedagang kecil.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Basel yang telah mengadakan event yang sangat bermanfaat bagi kami pedagang kecil ini, semoga event semacam ini tidak hanya setahun sekali tetapi lebih sering diadakan,” harapnya.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish