Malam Pembukaan TCOF Season 3, Justiar : Back To Nature

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Malam pembukaan Toboali City On Fire (TCOF) season 3 tahun 2018, Kamis (26/7) malam di Pantai Laut Nek Aji, Toboali disaksikan ribuan mata masyarakat Bangka Selatan (Basel).

Kehadiran masyarakat tak lain untuk menyaksikan event pariwisata akbar tingkat nasional, TCOF sesi 3 yang dimeriahkan oleh beberapa seni anak daerah dengan menampilkan tarian khas dari Negeri Junjung Besaoh dari pelajar SMP Negeri 2 Toboali dan juga dimeriahkan musik dangdut dari duo cinta yang menggoyangkan panggung di Pantai Laut Nek Aji, Toboali.

Acara pembukaan TCOF sesi 3 thaun 2018 juga dihadiri Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer, Wakil Bupati Riza Herdavid, Kajari Safrianto Zuriat Putra, Kapolres AKBP Aris Sulistyono.

Serta ikut hadir Gubernur Babel diwakili Kepala Dinas Kominfo Babel Drs Sudarman, wakil ketua DPRD Babel Tomi Purnama, ketua penggerak PKK Eka Wati Justiar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh. Pemuda dan kepala OPD setempat.

Selain itu, tamu undangan dari pengusaha ternama juga turut hadir diantaranya, Mr. Xiau Qian Duta Besar China untuk Indonesia yang diwakili Mr Li Hanging, Mr. Chen Min Ketua Dewan Promosi Perdagangan International China untuk indonesia, Para Kepala BUMN china dan beberapa pengusaha Don Hasman, Risman Marah, Teguh Santosa ASITA Indonesia dan Tegus santosa dan ASITA Indonesia (7 ketua ASITA dari berbagai provinsi).

Ketua pelaksana TCOF Season III Haris Setiawan mengatakan, tahun ini terdapat 19 rangkaian acara dalam Event wisata “Toboali City On Fire Season tersebut. Diantaranya Bikepacker Tour De Habang, Toboali Fashion Carnival, Toboali Photo Competition, Festival Tari Kreasi Daerah, Lomba Lukis Tudung Saji, Toboali Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-layang, Festival Kuliner, Festival Telok Serujo, Ritual Adat Buang Jung, Nganggung 1000 Dulang, Touring Komunitas Motor, Pameran UMKM dan Komunitas, Lomba Mancing, zumba party, lomba masak ikan, Festival 20 ribu Otak-otak ikan dan lomba Lukis Telur Serujo.

“Tahun ini jumlah rangkaian kegiatan TCOF season III ada 19 rangkaian kegiatan. Salaah satunya festival Buang Jung, di Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok yang berlangsung kemarin. Dan alhamdulillah seluruh target peserta lomba secara keseluruhan meningkat,” kata Haris dalam sambutannya, Kamis (26/7) malam.

Sementara Bupati Bangka Selatan, Drs. H. Justiar Noer menyebut event bertajuk Toboali City On Fire (TCOF) menjadi penyemangat membangkitkan pariwisata di Basel, bagi Pemkab Basel dan masyarakat Bumi Junjung Besaoh.

Dijelaskan Justiar, event wisata tahunan ini mulai digelar pada tahun 2016 lalu diapresiasi kembali oleh kementerian pariwisata. “Kemenpar RI menetapkan event ini ke dalam daftar agenda wonderful Indonesia,” kata Justiar menegaskan event wisata TCOF ini merupakan penggambaran dari semangat yang berapi-api, semangat yang membara, perwakilan dari kebangkitan pariwisata di daerah Kabupaten Basel,” ujar Justiar saat membuka event TCOF season III di pantai Laut Nek Aji Toboali.

Menurutnya, disinilah pentingnya pariwisata yang berkualitas. Hal itu, kata Justiar, seiring dengan meningkatnya kesadaran berbagai pihak terhadap lingkungan dan isu-isu tentang pembangunan yang berwawasan lingkungan telah memberikan kontribusi terhadap pandangan pentingnya prinsip wisata yang berkelanjutan.

“Back to nature, kembali ke alam, kita mengajak masyarakat untuk kembali kepada alam, melestarikan dan memelihara alam, budaya dan lingkungan sebagai satu kesatuan. Event pariwisata TCOF season III merupakan manifestasi dari semangat melestarikan lingkungan mengangkat pesona seni dan budaya yang berapi-api yang dituangkan dalam berbagai rangkaian pegelaran budaya, carnival dan kompetisi,” bebernya.

Orang nomor satu di Basel itu berharap event wisata tahunan ini dapat menguatkan persatuan dan kesatuan antar sesama, menguatkan pondasi kepariwisataan yang telah dirintis sehingga mampu mencapai tujuannya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Melestarikan alam dan budaya, sehingga pariwisata dapat menjadikan daerah kita semakin maju, makmur dan sejahtera. Kepada peserta dan wisatawan, saya ucapkan selamat datang dan selamat menikmati event wisata TCOF season III ini, selamat berkarya cipta, mengenal seni dan budaya Junjung Besaoh, Bangka Selatan, selamat mengexplore destinasi wisata kami, semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar, memberikan kesan yang baik dan mendalam baik bagi masyarakat, peserta dan pengunjung,” tutur Justiar seraya mengajak masyarakat dan bersama-sama mensukseskan event wisata tahunan TCOF season III tersebut.