Home / BANGKA BELITUNG / Denih Hendrata : Babel Wilayah Strategis dalam Pertahanan Laut

Denih Hendrata : Babel Wilayah Strategis dalam Pertahanan Laut

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III, Laksamana Pertama (Laksma) Denih Hendrata mengatakan bahwa Provinsi Bangka Belitung ini merupakan wilayah yang strategis untuk pertahanan laut karena merupakan perlintasan dari utara dan selatan.

“Karena ranah Babel ini merupakan ranah yang strategis, perlintasan dari utara maupun selatan, tentu akan melalui Air Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1,” kata Denih usai memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di halaman Kantor Gubernur Babel, Selasa (24/7/2018).

Menurut Denih, mengingat kecelakaan laut di wilayah kepulauan Babel cukup banyak terjadi. Sehingga ini menjadi perhatian serius dan harus ada sinergi antar semua pihak untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut.

“Sampai sejauh ini untuk keamanan cukup aman, hanya kecelakaan di laut yang menjadi catatan, untuk itu saya berharap agar memberikan informasi cuaca kepada nelayan dan kapal tradisional apabila cuaca buruk untuk tidak turun melaut dari pada mengalami musibah,” ujarnya.

Denih mengungkapkan, kekuatan Lanal di Kepulauan Bangka Belitung ini dapat mengawasi (ALKI) 1 dan kinerja Lanal Bangka Belitung juga bisa memberikan kontribusi untuk pemerintah daerah.

“Kekuatan disini diharapkan bisa mengawasi (ALKI) 1, serta diharapkan juga kinerja harus mampu berkontribusi ada manfaat Angkatan Laut bagi pemerintah daerah secara langsung,” ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya akan memberikan perhatian dan keamanan di laut Babel, karena merupakan komando pelaksana armada 1 dengan mencakup wilayah hingga di kepulauan Belitung, mengingat jalur laut Babel terletak pada geografis strategis alur laut kepulauan Indonesia dan perdagangan internasional, memiliki kandungan sumber daya alam yang potensial, termasuk laut.

“Ini berdampak positif terhadap pembangunan tetapi mengandung kerawanan pelanggaran kedaulatan dan hukum, untuk itu diharapkan pengamatan dan pemantauan serta operasi keamanan laut perlu dilakukan secara kontinyu,” sebutnya.

Sementara, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman berharap, Lanal di Bangka Belitung harus ditingkatkan statusnya agar ada kekuatan tambahan berkenaan dengan luasnya wilayah laut di Provinsi Bangka Belitung.

“Sudah selayaknya Lanal kita ini harus ditingkatkan statusnya karena kita banyak pulau, berada di Alki 1. Mudah-mudahan ini menjadi faktor pertimbangan daripada pengambil kebijakan disisi keamanan negara, agar ada kekuatan tambahan wilayah laut kita,” harapnya.

Hadir dalam upacara sertijab tersenut, Wagub Babel, Abdul Fatah, Wakil Ketua DPRD Babel, Toni Purnama, Kapolda Babel, Brigjend Pol Syaiful Zachri dan tamu undangan lainnya. (Wa)

About winadestika

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish