Home / ADVERTORIAL / PEMPROV / DINAS PARIWISATA / Lomba Olahraga Kegemaran Bu Menteri Susi Diagendakan Di Belitung

Lomba Olahraga Kegemaran Bu Menteri Susi Diagendakan Di Belitung

Kayak Internasional Di Pantai Tanjung Kelayang

Oleh Junianto Ade Sahputra

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Sebuah even berskala internasional kembali akan digelar di Kabupaten Belitung dalam waktu dekat ini. Yaitu even Belitong Geopark International Kayak (Dayung) Marathon 2018 (BGIKM 2018) yang akan dilangsungkan di Pantai Tanjung Kelayang 27-29 Juli mendatang.

Ketua Panitia Ade Satari mengatakan even besar ini akan mengundang penghobi kayak dari berbagai negara. Diperkirakan ini akan menyedot ratusan bahkan ribuan wisatawan di bulan Juli. Kayak dipilih lantaran olahraga ini sangat cocok dilakukan di Belitung. Kondisi air laut yang cukup tenang dan untuk menikmati pemandangan permukaan laut.

Menurutnya, hal itu memberikan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang ingin menjelajah permukaan laut dan garis pantai di Indonesia khususnya di Belitong.

Dijelaskannya kayak adalah olahraga dayung laut yang relatif mudah dipelajari dan tak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup dengan kemampuan berenang dan menguasai sedikit cara mempertahankan keseimbangan dalam perahu.

“Pada kegiatan BGIKM 2018 nanti, selain olahraga sea-kayak, juga akan diperkenalkan olahraga StandUp Paddleboard (SUP), yaitu mendayung dengan posisi berdiri diatas semacam papan surfing yang ukurannya besar,”jelasnya.

Olahraga SUP ini mulai popular di dunia serta di Indonesia. Sebab, permainan ini .bisa dikatakan praktis.

“Menteri Kelautan kita ibu Susi Pudjiastuti adalah salah satu pegiat olahraga ini yang fotonya sudah viral dimana-mana,”katanya.

Event yang bertajuk Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018 atau BGIKM 2018 ini seyogyanya merupakan event pariwisata yang dikemas dalam bentuk olahraga. Fokus dari kegiatan ini bukan hanya aktifitas olahraganya.

“namun juga dikombinasikan dengan pengenalan objek wisata laut yang menarik dan bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan olahraga Kayak. Event ini akan mengundang sekitar 120 orang pegiat Kayak dan SUP dari seluruh pelosok nusantara hingga manca negara,” kata Ade.

Beberapa peserta dari negara-negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Republik Ceko telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dia berharap, even kayak marathon ini dapat memancing minat para wisatawan datang ke Belitung.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Belitung. Sehingga pulau ini akan lebih dikenal oleh masyarakat luas,” tukasnya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung turut mendukung even ini. Kepala Bidang Promosi Wisata, Rohili mengatakan dukungan dinas dilakukan dengan mempromosikan even ini sejak jauh hari. Selain itu Dinas Pariwisata juga akan melengkapi acara dengan berbagai atraksi seni adat budaya dari Belitung. (jun)

About Junianto Ade Sahputra

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish