Home / BANGKA BELITUNG / Jelang Idul Fitri 1439 H, Wagub Babel Pastikan Stok Sembako Aman

Jelang Idul Fitri 1439 H, Wagub Babel Pastikan Stok Sembako Aman

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Menjelang lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah untuk stok sembako sampai sejauh ini masih aman.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah bahwa untuk saat ini distributor telah mempersiapkan kebutuhan pokok termasuk untuk daging sapi dan ayam.

“Jelang Idul Fitri nanti untuk stok sembako kita pastikan aman, karena sudah jauh-jauh hari distributor telah menyiapkan kebutuhan pokok, tentu hal ini merupakan hasil Rapat Koordinasi kita semua, yang mana semua telah dipersiapkan dan kondisi ketersediaan sangat aman hingga setelah lebaran,” ujarnya, Kamis (7/6/2018).

Abdul Fatah menghimbau kepada distributor, pedagang maupun pengecer untuk tidak menaikkan harga melebihi HET (Harga Eceran Tertinggi) apalagi jelang Idul Fitri untuk menaikkan harga.

“Karena untuk harga daging sapi Rp120.000/kg, tetapi di pasar murah harga daging dijual hanya Rp110.000/kg, tentu ini sudah bisa berhemat Rp10.000. Sedangka untuk harga ayam sesuai dengan HET yakni Rp32.000/kg dan dipasar murah hanya Rp25.000/kg,” jelasnnya.

Ia mengungkapkan, dengan adanya pasar murah yang dilaksanakan pada beberapa tempat yakni di lingkungan Kantor Gubernur Babel, bahwa sangat tampak animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mempersiapkan menyambut lebaran.

“Seperti yang kita ketahui banyaknya pembeli pada saat adanya bazar dan pasar murah yang digelar di beberapa titik di lingkungan Kantor Gubernur Babel,” sebutnya.

Fatah menambahkan, untuk stok sapi saat ini sekitar 3.954 ekor, sedangkan kebutuhan daging sapi untuk lebaran sebanyak 778 ton. Sehingga untuk daging sapi dapat dipastikan stok kebutuhan aman hingga lebaran nanti.

“Selain itu untuk stok ayam, kebutuhan sskitar 9.058 ekor, sementara stok ayam yang ada mencapai 14.990 ekor. Sehingga untuk stok tersedia dan di pastikan aman,” tutupnya. (Wa)

About winadestika

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish