Home / BANGKA BELITUNG / 40 Ton Daging Sapi Disiapkan Jelang Lebaran 2018

40 Ton Daging Sapi Disiapkan Jelang Lebaran 2018

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Persediaan daging sapi menjelang idul fitri 2018 dipastikan aman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel), melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPPSPP) menyatakan persedian daging sapi cukup tersedia untuk memenuhi permintaan konsumen hingga lebaran 2018 mendatang.

“Untuk stok daging sapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena akan tetap tersedia selama pasokan lancar dan untuk sementara harga sendiri masih stabil berkisar Rp 130.000 per kilogram,” kata Kepala DPMPPSPP Bangka Selatan, Muhammad melalui Kabid Perdagangan, Saleh, Kamis (7/6).

Dikatakannya, untuk di kabupaten Basel terdapat 40 ton daging sapi yang disiapkan oleh beberapa pedagang besar, yang didatangkan dari luar pulau Bangka.

“Pasokan daging sapi ke Bangka Selatan hampir seluruhnya didatangkan dari luar daerah yakni sapi asal lampung dan pulau jawa, hal ini karena sapi lokal masih dalam proses pengembangan,” sebutnya.

Selain itu, Saleh juga memastikan persedian ayam potong dan ayam kampung juga diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Basel, karena persediaan ayam potong masih relatif aman.

“Saat ini persedian ayam potong yang kita miliki ada sekitar 40 ton dengan harga yang relatif stabil. Untuk ayam potong sendiri harganya masih berkisar Rp 35.000 per kilogram sedangkan untuk ayam kampung Rp. 50.000 per kilogram,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menjaga harga daging sapi dan daging ayam potong tetap stabil pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi dan Satgas Pangan untuk melakukan pengawasan untuk menghindari penimbunan stock.

“Pengawasan itu rananya adalah provinsi, jadi kami hanya memantau harga dan ketersediaan barang, langkah selanjutnya seperti pengawasan kami akan berkoordinasi dengan satgas pangan agar harga tetap stabil dan tidak dimainkan oleh oknum oknum tertentu,” pungkasnya.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish