Home / BANGKA BELITUNG / Jelang Lebaran, Harga Cabe di Toboali Normal

Jelang Lebaran, Harga Cabe di Toboali Normal

* Harga Bawang Merah dan Putih Naik

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Induk Toboali Kabupaten Bangka Selatan mengalami kenaikan, hal tersebut dikarenakan permintaan masyarakat meningkat.

“Saat ini harga bawang merah naik menjadi Rp 44.000 jika dibandingkan sebelumnya Rp 40.000 per kilogram,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Bangka Selatan melalui Kabid Perdagangan Basel, Saleh.

Ia mengatakan kenaikan harga bawang, kentang, sayuran dan sejenisnya ini, disebabkan permintaan masyarakat sangat tinggi selama bulan ramadhan dan jelang lebaran.

“Saat ini harga bawang putih naik menjadi Rp 24.000 dari Rp 20.000 per kilogram, tomat naik Rp 14.000 dari Rp 12.000 per kilogram dan sayur mayur lainnya,” ungkapnya.

Sedangkan, harga cabe kriting dan kecil serta ayam ras mengalami penurunan harga karena stock lumayan banyak.

“Saat ini harga cabe kriting turun menjadi Rp. 38.000 jika dibandingkan sebelumnya Rp. 42.000 per kilogram, cabe kecil turun Rp. 5000 dari Rp. 55.000 menjadi Rp. 50.000 per kilogram dan untuk daging ayam ras sendiri mengalami penurunan sekitar Rp. 6.000 dari Rp. 38.000 menjadi Rp. 32.000 per kilogram, ” sebutnya.

Menurutnya, kenaikan harga sayur mayur ini relatif wajar dan murni karena permintaan masyarakat yang mengalami peningkatan signifikan dibandingkan sebelumnya.

“Saat ini stok cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat, karena pasokan dari luar daerah masih berjalan lancar,” ujarnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kenaikan harga yang melonjak karena penimbunan stock pihaknya telah berkoordinasi dengan satgas pangan dan Disperindag Pemprov Babel.

“Jika terjadi indikasi penimbunan stock wewenang kita hanya melaporkan saja, karena ini masuk rana satgas pangan dan Disperindag Provinsi,” tukas Saleh.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish