Home / BANGKA BELITUNG / Arus Penumpang di Tanjung Kalian Masih Normal

Arus Penumpang di Tanjung Kalian Masih Normal

MUNTOK, LASPELA – General Manager PT. ASDP Cabang Bangka, Wahyudi Susianto mengatakan, sampai H – 11, arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat belum ada peningkatan yang berarti. Meskipun ada peningkatan beberapa hari menjelang libur namun masih dalam batas normal.

” Memang beberapa hari yang lalu justru menjelang libur panjang ada sedikit peningkatan baik di kendaraan pribadi maupun penumpang pejalan kaki yang mulai terasa. Namun untuk kendaraan pada umumnya masih dalam batas normal artinya dengan kapasitas muat kita trip trip pun masih bisa diatasi seperti saat ini dan kemarin pun kita masih mengoperasikan sampai 6 trip artinya belum ada peningkatan trip atau masih dalam batas normal,” jelas Wahyudi kepada Laspela di ruang kerjanya, Senin ( 4/6/2018 ).

Wahyudi memperkirakan, peningkatan arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian baru akan terjadi pada hari Jum’at atau Sabtu ( 8-9/6 ) mendatang karena libur sekolah dan cuti bersama telah dimulai.
Mengenai persiapan fasilitas maupun persiapan kapal, kata Yudi sampai dengan hari ini, Senin ( 4/6 ), kapal yang sudah ada di lintasan dan siap untuk beroperasi ada 8 unit, sedangkan 1 kapal masih menjalankan docking.

” Saya belum tahu apakah akan dipakai untuk angkutan lebaran atau tidak namun informasi awal dari pemilik pada saat itu mengatakan kemungkinan kapal itu bisa beroperasi namun kalau 1 kapal yaitu KMP Permata Lestari tidak bisa beroperasi. Saya rasa dengan 8 kapal dengan pola operasi maksimal 12 trip itu masih bisa untuk diantisipasi untuk melayani angkutan lebaran, karena sesuai prediksi kami antara kapasitas per pasang atau kemampuan angkut dengan pola 12 atau 13 trip itu masih diatas dari prediksi angkutan puncaknya,” papar dia.

Untuk tahun ini, Wahyudi meyakini akan ada peningkatan jumlah penumpang dibandingkan tahun sebelumnya. Namun dengan adanya libur panjang pada tahun ini diharapkan tidak terjadi ledakan arus penumpang seperti pada tahun – tahun sebelumnya. Alasannya menurut dia, sebaran jumlah penumpang setiap hari akan merata dan tidak menumpuk, terutama pada H-5 dan H-4.

” Saya harapkan dengan libur panjang di hari Jum’at atau Sabtu sudah ada yang mudik. Jadi penumpang itu harus memanfaatkan libur panjang ini di waktu yang pas. Harapan kami dengan libur panjang ini tidak ada terjadi penumpukan pada hanya satu hari atau 2 hari seperti tahun lalu,” ujarnya. ( SK )

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish