Home / BANGKA BELITUNG / Program Ternak Sapi, DP3 Serap Dana APBD dan APBN

Program Ternak Sapi, DP3 Serap Dana APBD dan APBN

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Upaya Dinas Pertanian, Pangan dan Pertanian (DP3) kabupaten Bangka Selatan (Basel) untuk menjamin ketersediaan daging sapi di kabupaten Basel yakni dengan memfokuskan dua kecamatan di kabupaten Basel, yakni kecamatan Toboali dan Pulau Besar untuk difokusakan perkembangbiakkan sapi potong dan sapi wajib bunting.

Dikatakan Suhadi selaku kepala Dinas pertanian, pangan dan perikanan kabupaten Basel, anggaran yang disiapkan untuk program tersebut bersumber dari dana alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Basel.

“Untuk sumber dananya, kita sudah anggarkan dari dana alokasi APBD sekolah peternak rakyat (SPR),” kata Suhardi kepada wartawan, Senin (28/5).

Selain itu, Suhadi menjelaskan tidak hanya dana APBD yang akan terserap, tetapi saat ini pihaknya sedang mengajukan dana bantuan kepada pemerintah pusat guna mensukseskan program ini.

“Iya, kita juga sedang mengajukan proposal ke pusat melalui APBN untuk mengembangkan perternakan yang ada di Bangka Selatan,” jelasnya.

Dan Ia berharap program pengembangan peternakan ini dapat berjalan dengan baik sehingga pertanian baik tanaman pangan maupun holtikultura bisa lebih meningkat.

“Jika Program ini berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan, maka saya yakin lahan pertanian di Bangka Selatan yang rusak dapat di perbaiki,” harapnya.

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish