Home / HEADLINE / Tips Berbelanja Online Aman dan Murah ala Laspela. “STOP Untuk Tertipu Lagi”.

Tips Berbelanja Online Aman dan Murah ala Laspela. “STOP Untuk Tertipu Lagi”.

Penulis: Romi Laspela

  • Mengulas Tata Cara Memilih Barang Berkualitas di Market Place indonesia.
  • “Jangan Takut Berbelanja Online”

 

 Hai Laspela Friendzone(F-one), seperti judul nya kali ini saya akan memberikan sebuah tips aman berbelanja online ala Laspela. Di sini saya akan memberikan beberapa situs berbelanja online indonesia yang mungkin sudah anda kenal, seperti: Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Forum Jual Beli di Facebook. Biasanya saya pilih promo yang paling menguntungkan saya seperti cashback, free ongkir dan yang lainnya. Baik lah mari kita mulai langkah-langkah nya:

Cara memilih barang pada ke empat toko di atas.  Sebagai contoh saya akan membeli Smartphone Oppo F5. Mari kita lihat dari hal yang paling penting menurut saya yaitu harga, promo, dan ulasan barang.

TOKOPEDIA

Kita lihat gambar di atas. Pada kotak pencarian saya tulis “OPPO F5(nama barang)”, dan pada kotak urutkan saya memilih berdasarkan “Ulasan”. Dan ingat 2 baris paling atas merupakan iklan berbayar. Dimana si penjual membayar agar barang nya berada di atas. Yang paling penting sekarang adalah perhatikan baris ketiga seperti contoh di bawah ini.

Gambar di atas merupakan baris ketiga dari hasil pencarian OPPO F5 di tokopedia dengan opsi: Kata kunci “OPPO F5”, urutan berdasarkan “Ulasan”, bila yang muncul terlalu banyak accesoris dari OPPO F5 bukan nya smartphone nya, maka kita bisa pilih opsi kategori hp pada Left Side Tokopedia . Nah kita lihat disitu ada beberapa macam harga dari masing-masing toko yang menjual barang yang sama.

Disini kita memerlukan ketelitian dalam memilih produk. Kita lihat gambar di atas bahwa ada yang harga nya Rp39.900,- dan Rp.64.900,- harga yang sangat murah untuk ukuran handphone. “Eits.. jangan senang dulu.  Itu hanyalah case OPPO F5 saja”.  Dan kita juga melihat ada harga Oppo F5 dengan harga yang lumayan murah yaitu Rp.2.999.000,-. “Wow, lumayan murah.” Lagi-lagi jangan senang dulu, itu adalah OPPO F5 Youth. “ Terus apa bedanya??

  • OPPO F5 biasa mempunyai RAM sebesar 4GB dan memory internal sebesar 32GB
  • OPPO F5 Youth mempunyai RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB

Catatan:

– RAM (Random Acces Memory) merupakan batasan kinerja system dan aplikasi hp yang berjalan bersamaan, baik aplikasi yang sedang di pakai maupun yang aktif di belakang layar, seperti WA yang bagaimanapun dia tetap aktif di belakang layar untuk memberitahukan ada pesan WA yang masuk atau telpon WA yang masuk. Jika aplikasi yang aktif terlalu banyak maka terjadilah apa yang kita sebut hp “ngelag” atau macet dan lama progress nya.

– ROM (Memory Internal) merupakan daya tampung data seperti video, dokumen, lagu, foto, dan lainnya. Jika sudah penuh ini akan menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa di pakai bahkan bisa menyebabkan hang.

Kembali ke gambar di atas disitu kita melihat, semua produk mempunyai bintang yang penuh/5 bintang dengan jum lah transaksi diatas 100 transaksi.  Dan merupakan Gold Merchant.

Ini membuktikan bahwa barang dari toko ini sudah sangat terpercaya.  Tapi walau pun begitu kita masih perlu untuk melihat deskripsi produk, seperti dibawah ini.

 

 

Gambar di samping, saya memilih OPPO F5 yang seharga Rp. 3.399.000,- Dan hal yang paling penting yang tertulis disitu selain spesifikasi handphone dan bonus adalah garansinya. Yaitu Garansi Resmi OPPO 1 tahun. Jadi untuk mengklaim garansi kita bisa klaim di service center OPPO di kota tempat tinggal kita atau di kota tempat kita berada sekarang.

 

Untuk daftar Tokopedia klik link di bawah ini
https://www.tokopedia.com/register

 

BUKALAPAK

Sama Hal nya dengan Tokopedia. Di Bukalapak ini saya menggunakan kata kunci “OPPO F5” dan menggunakan kategori “HP & Smartphone” juga mengurutkan produk berdasarkan “Terlaris”.  2 baris dari atas merupakan iklan atau produk yang di utamakan karena berbayar. Dan ketika di baris ketiga mulai lah kita melihat bintang juga jumlah ulasan untuk menentukan harga yang murah namun Terpercaya.

 

Untuk mendaftar Bukalapak klik link berikut ini

https://www.bukalapak.com/register

 

LAZADA

Di Lazada saya menggunakan kata kunci ”OPPO F5” pada kotak pencarian. Untuk urutkan, saya menggunakan pengurutan berdasarkan “Popularitas”.  Dan ada bagian penilaian di Left Side Lazada. Disitu saya memilih “Bintang 5” dengan alasan memang saya mencari barang dari toko yang sudah terpercaya.

 

Untuk mendaftar Lazada klik link berikut ini

https://member.lazada.co.id/user/register

 

SHOPEE

Di Shopee, saya menggunakan kata kunci “OPPO F5”. Dan mngurutkan berdasarkan “Terlaris”. Dan menambahkan opsi kategori “Handphone” agar tidak memunculkan accesoris OPPO F5 yang mungkin akan menyulitkan pencarian.

 

Untuk mendaftar Shopee klik link berikut ini

https://shopee.co.id dan klik daftar pada sudut kanan atas.

 

FORUM JUAL BELI DI FACEBOOK

Pada Forum Jual Beli di Facebook, saya cukup menuliskan “OPPO F5” Pada Pencarian. Disini begitu banyak penjual yang menjual OPPO F5 dengan harga yang murah. Karena memang disini penjual juga bisa menjual barang second. Disini juga anda bisa menjual barang2 baru maupun second milik anda dengan harga yang bisa anda tentukan sendiri.

 

Sangat Perlu di perhatikan dalam bertransaksi Online melalui Market Place Online:

  • Waspada transaksi yang mengarah pada pengiriman rekening pribadi. Seperti di bawah ini.Waspada dengan kata-kata seperti ini. “Tidak melayani pembelian langsung maupun cod atau melalui via lapak LAZADA” Ini 100000000% Penipuan. Padahal si penjual publikasi lewat Lazada. Harusnya mau gak mau sipenjual transaksi lewat rekening Lazada.
  • Pada Forum Jual Beli di Facebook, yang perlu di perhatikan disini kita harus teliti dalam membeli barang, saya menyarankan untuk membeli barang di tempat si penjual. Dan melakukan pengecekan secara teliti sebelum membeli.

 

Dalam menggunakan jasa market Place sangat tidak disarankan untuk mengirimkan uang Langsung ke rekening pribadi penjual. Namun kita harus mengirimkan uang tersebut ke MarketPlace dimana barang itu di publikasikan.

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish