Belitung Dapat Hibah Kapal Penumpang dan Barang 35 GT Dari Kemenhub

Oleh Junianto Ade Sahputra

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Belitung mendapat hibah bantuan kapal dari Kementerian Perhubungan RI. Kapal tersebut bernama KM Bawana Nusantara 1 berukuran 35 Gross Ton (GT).

“KM Bawana Nusantara 1 direncanakan akan segera tiba di Belitung dan bersandar di pelabuhan Tanjung Ru Kecamatan Badau,” kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung Ayi Thamrin Jumat (4/5/2018).

Ayi menjelaskan, KM Bawana Nusantara 1 nantinya akan melayani angkutan penumpang/barang dari dermaga Tanjung Ru menunju Kecamatan Selat Nasik dan pulau-pulau sekitar.

“Tentunya kita berharap arus angkutan penumpang maupun barang akan semakin lancar dan Kemenhub berjanji bila kapal ini benar bermanfaat bagi masyarakat maka Kemenhub akan memberikan satu tambahan kapal lagi,” kata Ayi.

Terpisah, Pjs Bupati Belitung Sahirman Jumli menyambut baik atas diberikannya batuan kapal KM Bawana Nusantara 1 dari Kemenhub RI kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

Keberadaan KM Bawana Nusantata 1 ini tentunya akan menambahkan perbendaharaan transportasi di Belitung terutama untuk jalur transportasi laut bagi ke daerah pulau.

“Saya berharap dengan adanya bantuan kapal dari Kemenhub ini akan semakin memudahkan jalur transportasi bagi masyarakat terutama untuk ke pulau-pulau,” pungkasnya. (jun)