Pemkab Basel Fokuskan Tumbuh Kembang Hak Anak Di Basel

*Diikuti 100 anak dan 30 Fasilitator Dewasa

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Kepedulian akan tumbuh kembang anak dimasa mendatang agar lebih baik, melalui Forum Anak Daerah Tingkat Kabupaten Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) menyematkan kepedulian hak-hak anak di Kabupaten Basel. Dan kegiatan Forum Anak Daerah Tingkat Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2018 berlangsung 3 hari yakni pada, Senin (26/3) sampai Rabu (28/3) di Gedung Diklat Pemkab Basel.

Kegiatan forum anak daerah tingkat kabupaten Basel tahun 2018 diikuti sebanyak 100 anak dari 8 kecamatan se Basel dengan fasilitator dewasa sebanyak 30 orang.

Bupati Basel, Drs H. Justiar Noer dalam hal ini diwakili Asisten Bupati bidang Pemerintahan dan Kesra, Asri Husman menyampaikan kegiatan forum anak daerah merupakan salah satu bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam mendukung hak anak untuk mendapatkan perlindungan, mendengarkan pendapat dan menyerap aspirasinya.

“Kegiatan hari ini bentuk perhatian terhadap hak-hak anak karena slogan kali ini aku cinta Bangka Selatan, perdamaian, toleransi dan anti pelecehan terhadap anak untuk menciptakan kabupaten ramah anak,” ujar Asri.

Ia juga berpendapat, dalam era modern ini peranan anak sangatlah penting dalam pembangunan suatu daerah, sehingga perlu bagi kita untuk memperhatikan hak-hak anak serta peduli akan kemampuan yang dimiliki anak-anak sekarang, janganlah memandang sebelah mata karena anak yang umurnya masih belia atau terdapat kecacatan fisik pasti memiliki kelebihan. Dan perlu dibina agar kemampuannya dapat tersalurkan.

“Peranan anak sangatlah penting dalam pembangunan ini, karena anak generasi penerus masa depan. Kita tahu bahwa setiap anak memiliki potensi, talenta dan hak pengembangan diri begitu juga dengan kondisi anak berkebutuhan khusus,” kata Asri.

Ia juga menyebutkan pemenuhan hak atas anak perlu kita garis bawahi, karena dari segi pendidikan kesehatan dan perlindungan harus kita perhatikan agar kelangsungan hidup hak anak terpenuhi dan dapat terkaji secara baik dan struktural. “Koordinasi lintas sektoral sangat diharapkan dalam usaha pemenuhan hak anak, diantaranya hak anak bidang pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak. Banyak pemberitaan terjadi diantaranya kenakalan anak remaja, anak putus sekolah, perdagangan anak dibawah umur hingga perkosaan atau pencabulan anak dibawah umur,” sebutnya.

Adapun pemateri dalam acara forum anak daerah tingkat kabupaten 2018 diantaranya Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Republik Indonesia Drs. Darmawan, Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono SH MH, Kejari Basel Safrianto Zuriat Putra SH MH, Ketua TP PKK Eka Justiar dan Kabid Bina Mitra Basel.

Turut hadir juga Ketua TP PKK Basel Eka Justiar, Dandim 0413 Bangka diwakili Danramil Toboali dan Danposmat TNI AL Toboali.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: