DONE

Travel Agent Beralih ke Digital Tourism

Foto: Poskota

Foto: Poskota

AKHIR TAHUN 2017 Menteri Pariwisata Arief Yahya (Menpar) Arief Yahya mengingatkan pariwisata digital adalah satu keniscayaan yang harus diikuti oleh agen perjalanan pariwisata agar tidak kalah bersaing.

Di tengah begitu banyak gangguan di banyak industri, Menpar Arief Yahya menyebut 3T yakni Telecommunication, Transportation, serta yang sedang dan akan terjadi, di Tourism.

“Revolusi teknologi digital ini tidak bisa dihindari, pasti terjadi! Pasti. Secara alamiah akan mengubah dunia, menciptakan model bisnis baru, jadi pelaku industri yang tidak mau berubah dengan platform digital, pasti akan ditinggalkan customer,” jelas Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya mencontohkan situasi yang terjadi di sektor transportasi ketika dirambah oleh dunia digital, seperti Grab, Gojek dan Uber. Digital transportation ini membuat harga pasar langsung berubah total, harga turun drastis.

Hal serupa terjadi di sektor telekomunikasi karena semakin murah, semakin gratis, akan semakin untung. Itu sebabnya WhatsApp (WA), Google, Baidu, Line menggratiskan layanan mengirim pesan.

Revolusi ketiga yang akan terjadi adalah di sektor pariwisata.

Arief Yahya mengingatkan agar industri pariwisata Indonesia waspada karena bila agen perjalanan wisata tidak bisa mengikuti perubahan zaman, nasibnya akan seperti warung telekomunikasi (wartel) yaitu mati dengan sendirinya.

Travel agent konvensional akan sulit bersaing dengan online travel Agent seperti Traveloka, Booking.com, TripAdvisor, Ctrip, dan lainnya.

“Mereka, para online travel agent ini, melakukan sharing economy, mengoptimalkan kapasitas, menjual yang kosong dengan harga murah dan mencari return dari cross selling. Ini semua bisa berjalan dengan cara digital. Bila travel agent masih berharap pada transaksi dengan pertemuan, pasti akan bernasib sama seperti wartel yang mati dengan munculnya seluler,” jelas Arief.

Menpar mengatakan, revolusi ini pasti ada resistensi dari travel agent konvensional. (ags/cnn/kemwnpar)

Share :

Baca Juga

HUKUM

Dikabarkan Kabur, Kapolres Basel Tegaskan Semua Keluarga Pasien Positif Covid-19 Ada di Rumah

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Demokrat: Bukti yang Diberikan Moeldoko di Pengadilan Tidak Nyambung!

KABUPATEN BANGKA

Warga Desa Mendo Minta Perizinan PT. SAML Di Cabut

HEADLINE

Mengenal Sosok Mgr Adrianus Sunarko OFM, Uskup Terpilih Keuskupan Pangkalpinang

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Wagub Kritik Keberadaan BUMD di Babel Belum Berfungsi Secara Maksimal

BISNIS

Polres dan Pemda Belitung Gelar Pasar Murah

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Molen : Rencana Pendapatan Daerah Tahun 2020 Sebesar Rp770 Miliar

HUKUM

Sabu Dimasukkan ke Dalam Kemasan Kosmetik Pembersih Muka
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: