Bali United Usung Misi Wajib Menang Lawan Global Cebu

Para penggawa Bali United (Istimewa)

LASPELA, SPORT– Bali United akan menghadapi wakil Filipina, Global Cebu, pada babak penyisihan Grup G Piala AFC, Selasa (27/2) besok. Serdadu Tridatu mengusung misi wajib menang untuk mengamankan tiga poin guna menjaga asa lolos ke fase berikutnya.

Di pertandingan pertama, Bali United dipermalukan klub Myanmar Yangon United 1-3 saat bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 13 Februari. Akibatnya, tim asuhan Widodo Cahyono Putro harus menempati posisi juru kunci Grup G.

Namun, menurut Widodo, ketika itu Bali United dilanda dilema antara fokus melawan Sriwijaya FC di semifinal Piala Presiden 2018 atau bersiap melawan Yangon.

Pada akhirnya, Bali United lebih memilih Piala Presiden, meskipun gagal menjadi juara usai takluk 0-3 dari Persija Jakarta di partai final.

“Kami harus memainkan empat pertandingan dalam sepekan. Saat itu kami dilema, tapi kalau sekarang tidak ada pilihan,” kata WidodoMinggu (25/2) dilansir dari laman Harnas.

Saat ini, skuad Bali United sudah tiba di Filipina. Widodo mengungkapkan, timnya tidak kesulitan beradaptasi dengan cuaca di Filipina. Namun, yang membuatnya sedikit khawatir adalah bermain di lapangan artifisial atau rumput sintetis.

“Kami latihan di lapangan artifisial, mainnya juga di lapangan artifisial. Kalau cuaca sama saja seperti di Indonesia, panas. Yang tidak terbiasa mungkin di lapangan artifisial. Kita lihat besok (hari ini-red) adaptasinya seperti apa,” tutur pelatih 47 tahun itu.

Meski demikian, Widodo menegaskan tujuan utama Bali United dalam lawatan ke Filipina tidak lain mengejar kemenangan. Alhasil, mantan asisten Pelatih Timnas U-23 ini memastikan bakal menurunkan tim utama, bukan pelapis seperti laga perdana. “Kami datang ke sini jauh-jauh pasti serius, bahkan sangat serius karena target kami tentu ingin menang, dan yang pasti akan pakai tim utama,” tegasnya memastikan.

Di sisi lain, ia mengakui kekalahan dari Persija Jakarta pada laga Final Piala Presiden 2018 sempat membuat mental para pemainnya menurun. Meski begitu, Widodo percaya Fadil Sausu dkk dapat memberikan permainan terbaik sekalipun bermain jauh dari ‘rumah’.

“Saya yakin mereka semua pemain profesional, kami harus menatap ke depan. Memang sempat drop (kalah dari Persija), tapi tidak lama. Kami juga sudah bersiap buat pertandingan ini. Mudah-mudahan hasilnya juga maksimal,” kata Widodo.

Editor: Stefanus H. Lopis