Danramil Gantung dan Wakil Bupati Beltim Panen Padi Ladang

Oleh : Yudhie Laspela

GANTUNG, LASPELA – Danramil 414-03/Gantung, Kapten Czi A Tabrani bersama wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Selasa (20/02/2018) melakukan panen padi ladang seluas 1 hektar di lokasi Ladang padi ume milik Nadi (50) di dusun Lilangan RT 05 Desa Lilangan.

Tampak hadir juga Babinsa Desa Lilangan Serda Sulur Widodo membantu Danramil Gantung Kapten Czi A Tabrani untuk mengikuti acara panen bersama Padi Beume.

Padi ume milik Nadi ini selalu rajin ditanamnya setiap tahun dikarenakan letak geografis Desa Lilangan daerahnya berbukit bukit sehingga tidak memiliki Sawah.

Menurut Kades Lilangan, Suparman, bahwa Penanaman padi hume/Ladang ini bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional penduduk Desa Lilangan dan dengan adanya padi Ladang ini juga untuk menarik wisatawan didesa Lilangan, kedepan akan terus dikembangkan di ladang ladang masyarakat lainnya yang bisa di tanam padi.

“Diharapkan nanti wilayah ini (Lilangan) bisa menjadi tempat tujuan wisata baru di Kabupaten Belitung Timur ini”, ujar Burhanudin.

Sementara Danramil, Kapten Tabrani menyampaikan, bahwa desa Lilangan tidak mempunyai lahan sawah yang subur dan daerah perbukitan sehingga padi hume/ladang yang cocok untuk memenuhi pangan desa lilangan.
“Usaha-usaha yang luar biasa telah dikerjakan oleh Desa Lilangan ini perlu di contoh oleh Masyarakat setempat untuk mendukung swasembada pangan di Kab Beltim.” papar Danramil.

Danramil berharap kepada masyarakat Kabupaten Beltim bersama- sama pemerintah Kabupaten Belitung untuk mengembangkan sektor pertanian, pariwisata dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat Beltim.

Jenis padi yang ditanam di ladang/ hume jenis Padi gogo ranca yang tahan dengan lahan kering sedangkan masa tanam padi gogo ini selama empat bulan 120 hari sudah siap di panen.

Sekdin Pertanian Kab Beltim, Trijaka menambahkan, Lahan padi Ladang yang ditanam seluas 1 hektar ini diperkirakan menghasilkan gabah sebanyak 1.5 ton. (rill/rh/naf)