Disdik Basel Gelar Workshop Jurnalistik, Pokja Jurnalis Basel Jadi Narsum

TOBOALI, LASPELA – Dalam meningkatkan ilmu pengetahuan jurnalistik di lingkungan sekolah di Bangka Selatan, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Bidang Pemberdayaan Sekolah Menengah Pertama (PSPMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Basel menggelar pelatihan Jurnalistik bagi para pembina OSIS SMP Se- Basel.

Kegiatan yang berlangsung, Kamis (23/11) diruang Laboratorium MIPA SMP Negeri 1 Toboali dihadiri oleh 34 perwakilan pembina osis tingkat SMP/Mts se Basel dan bekerja sama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Basel itu di buka oleh Kabid PSPMP Dindikbud Basel Ardiansyah, S.Pd.

Ardiansyah dalam sambutannya mengatakan, di dunia pendidikan ilmu sangatlah berkaitan erat dan mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dunia pendidikan di Basel serta mengingat peran Jurnalistik sangat membantu dalam pengelolaan setiap informasi pendidikan.

“Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, Pengetahuan Jurnalistik adalah sebuah keniscayaan bagi dunia pendidikan agar bisa mengexplore potensi sekolah dan lingkungan disekitar sekolah melalui karya Jurnalistik yang benar,” kata Pria berkacamata ini.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar para peserta dapat memahami materi yang disampaikan oleh para nara sumber berasal dari Jurnalis yang tergabung dalam Pokja Jurnalis Basel sehingga hasil dari kegiatan workshop dapat implementasikan ke pelajar anak didik,”.

Sementara itu Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan menyebutkan, dengan diadakan pelatihan Jurnalistik kepada peserta yang terdiri dari pembina osis SMP/Mts se Basel merupakan Jurnalistik dasar sebagai bahan pembelajaran awal untuk mengenalkan kaidah-kaidah dasar Jurnalistik sehingga kedepan para peserta dapat menerapkan di sekolah masing-masing nantinya.

“Kami berharap dari pelatihan ini peserta nantinya sudah bisa membuat Mading yang benar dan membuat rilis tentang sekolah masing-masing yang nantinya bisa dikirimkan ke kewan-kawan wartawan untuk dirilis melalui media masing-masing dan kawan-kawan wartawan siap mewadahi karya jurnalistik para peserta Workshop Jurnalistik ini,” ungkapnya. (Tra)