Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel Gelar Donor Darah Peringati Hari ORI ke-71

Foto bersama para pegawai Ditjen Perbendaharaan Babel usai upacara hut ke-71 ORI.

PANGKALPINANG- Dalam rangka memperingati hari OEANG Republik Indonesia atau ORI ke-71 serta Hari Sumpah Pemuda ke-98, Kantor Wilayah (kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan upacara serta penerimaan setya lencana dan kegiatan donor darah pada Senin 30 Oktober 2017.

Upacara dipimpin Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel, Supendi, diikuti insan Kementrian Keuangan antara lain KPP Pratama Bangka, KPP Pratama Pangkalpinang, KPPN, BPJS, TASPEN dan instansi lainnya.

Dalam arahannya Supendi mengatakan, penertiban Oeang Republik Indonesia atau ORI untuk pertama kalinya pada tanggal 30 Oktober 1946 silam menjadi momen sejarah yang menjadi bukti bahwa ORI merupakan alat pemersatu bangsa sekaligus lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia.

“Ini menunjukkan pentingnya keberadaan tugas Kementrian Keuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, “jelasnya.

Dia mengingatkan para pegawai agar mampu menjaga pelaksanaan APBN tahun 2017 yang tinggal dua bulan lagi. Dimana kita masih menghadapi tantangan untuk mencapai target penerimaan negara sebesar Rp 1.736,1 Triliun.

“Saya minta seluruh jajaran pajak, Bea Cukai dan PNBP untuk terus bekerja tekun dan keras memenuhi target tersebut, “tegasnya.

Supendi menyampaikan, pemerintah telah mendapatkan persetujuan DPR untuk melaksanakan APBN 2018 pada tanggal 25 Oktober 2017. Dengan asumsi dasar makro ekonomi tahun 2018 dengan total belanja sekitar Rp2.220,7 Triliun.

“Kita belum tahu dapatnya berapa untuk Kanwil di Bangka Belitung karena di tahun 2017 kita dapat Rp9,1 Triliun, dan di tahun 2018 ini kemungkinan besar mengalami peningkatan, “ungkapnya.

Terkait aksi sosial donor darah, Supendi menandaskan, hal tersebut menjadi bukti kepedulian pihaknya terhadap kebutuhan stok darah di Kota Pangkalpinang yang dinilai saat ini masih kurang.

Diharapakan dengan memperingati hari ORI ke-71 ini akan lebih terjalin kerjasama dengan instansi terkait guna mengawal APBN serta wajib pajak, seluruh masyarakat dapat terlibat berpartisipasi aktif dalan mengimplementasi kebijakan tersebut.

Sebelumnya pada hari Minggu, tanggal 29 Oktober 2017, diselenggarakan jalan santai dan senam sehat di Taman Sari Kota Pangkalpinang. Peserta diikuti pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan meliputi KPP Pratama Pangkalpinang, KPP Pratama Bangka,  KPPN dan instansi lainnya. (adv/wina)

Editor: Stefan H. Lopis