Ronaldo dan Zinedine Zidane Jadi Pemain dan Pelatih Terbaik 2017

Pemain dan Pelatih Terbaik Dunia 2017, Cristiano Ronaldo (kiri) dan Zinedine Zidane. Foto: AFP

LONDON, LASPELA- Penyerang Real Madrid dari Portugal, Cristiano Ronaldo, baru saja meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2017 pada malam pemberian gelar FIFA, Selasa (24/10/2017) dini hari WIB. Penghargaan serupa diraih juru taktik Real Madrid asal Prancis, Zinedine Zidane, yang juga menyabet penghargaan Pelatih Terbaik FIFA 2017 versi pria setelah menikmati kampanye penuh kesuksesan bersama Real Madrid musim 2016/2017.

Cristiano Ronaldo terpilih jadi pemain terbaik dunia 2017 menyisihkan Lionel Messi dari Barcelona dan Argentina serta Neymar dari Paris Saint Germain dan Brasil. Ronaldo berhak atas pemain terbaik dunia kali kelima. Prestasi ini menyamai apa yang pernah diraih Messi sebelumnya.

Ronaldo lebih banyak dipilih oleh pemain maupun pelatih di dunia ini untuk meraih gelar bergengsi bagi pesepakbola di dunia ini. Dan raihan ini untuk Pemain Terbaik FIFA 2017 versi pria adalah kali kedua secara beruntun bagi Ronaldo.

Ronaldo memang layak menerima penghargaan itu. Sebab bersama Real Madrid dia mampu meraih juara Liga Spanyol dan mempertahankan secara berurut-turut juara Liga Champions. Belum lagi bersama Portugal dia mampu membawa negaranya itu menjadi juara Piala Eropa 2016.

Sepanjang musim lalu Ronaldo juga memiliki catatan mentereng dalam statistik individunya dengan sang pemain berusia 32 tahun mengemas total 42 gol di semua kompetisi.

Berbicara ketika menerima penghargaannya di London Palladium, Selasa (24/10) dini hari WIB, Ronaldo tak ketinggalan untuk memberikan apresiasi kepada Messi dan Neymar yang sudah bersaing dengannya.

“Terima kasih banyak untuk orang-orang yang sudah memilih saya. Saya juga harus menyebut Leo [Messi] dan Neymar yang sama-sama berada di sini,” ujar bintang andalan Madrid tersebut.

“Saya sangat gembira bisa memenangkan penghargaan secara beruntun. Ini adalah momen hebat bagi saya. Terima kasih kepada semua fans di dunia atas dukungannya, saya mengapresiasi itu, terima kasih banyak.”

“Sungguh luar biasa bisa berada di sini dengan para pemain hebat lainnya dan saya sangat senang, terima kasih banya,” pungkas Ronaldo.

Gelar Pertama

Sedangkan keberhasilan Zidane membawa Los Blancos meraih gelar La Liga Spanyol dan Liga Champions membuatnya menyisihkan manajer Chelsea, Antonio Conte dan bos Juventus, Massimiliano Allegri.

Ini merupakan gelar pertama yang diraih Zidane setelah melewatkan kesempatan serupa saat FIFA menganugerahkan penghargaan yang sama pada Claudio Ranieri atas cerita sensasionalnya menjuarai Liga Primer Inggris musim 2015/16 bersama Leicester City.

“Ini merupakan hadiah fantastis dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain yang telah menjadikan hal ini mungkin terwujud. Terima kasih banyak!” seru Zidane. (sport)

Editor; Stefan H. Lopis