Pelayanan KB Kes di Babel Wajib Dilaporkan Berjenjang

Gubernur Babel Erzaldi Rosman didampingi Bupati Bangka H Tarmizi Saat dan Tim PKK Babel saat bhaksos TNI KB kesehatan ke-45 tingkat Provinsi Babel serta pencanangan kampung KB di desa Sempan, kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Kamis 12 Oktober 2017. (foto: Humas)

SEMPAN, LASPELA– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. Erzaldi Rosman Djohan menghadiri kegiatan pencanangan bhaksos TNI KB kesehatan ke-45 tingkat Provinsi Babel serta pencanangan kampung KB di desa Sempan, kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Kamis 12 Oktober 2017.

Gubernur Erzaldi dalam kesempatan itu mengimbau para Bupati/Walikota, Ketua TP PKK, OPD KB, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, agar semua desa/kelurahan yang ada untuk membentuk tim dan menjadwalkan pelaksanaan kegiatan dan pelayanan KB Kesehatan sampai akhir Desember dan dilaporkan ke TP PKK secara berjenjang.

“Yang penting kegiatan yang dilaksanakan bukannya seremonial, melainkan hasilnya. Kemudian, lakukan pemantauan secara berjenjang oleh TP PKK bersama sektor terkait, dan selanjutnya setiap bulan dilaporkan ke TP PKK dengan tembusan OPD KB Kabupaten/Kota,” kata Gubernur.

Gubernur Erzaldi berharap seluruh instansi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan sehingga dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, dan dapat mencapai hasil maksimal.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pencanangan, Melati Erzaldi, dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan bhaksos Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan Tahun 2017 ini, mengangkat tema “Dengan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kita Akselerasikan Pencapaian Program KKBPK Melalui Kampung KB untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas”.

Melati menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 bulan terhitung Oktober hingga Desember 2017 ini bertujuan meningkatkan pencapaian 10 program Pokok PKK, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga dan Kesehatan.

“Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan tahun ini meliputi Pembinaan 10 Program PKK, penyuluhan, Pelayanan KB, Pemeriksaan IVA dan Kesehatan, Pembentukan dan Pembinaan kelompok-kelompok kegiatan yang terintegrasi dengan 10 Program Pokok PKK,” beber Melati.

Kegiatan ini, lanjutnya, akan dilaksanakan di semua desa dan kelurahan termasuk didalamnya Kampung KB yang telah terbentuk di seluruh kecamatan.

Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Ketua TP PKK Provinsi Babel yang telah mempercayai Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan ke-45, sekaligus Pencanangan Kependudukan Berencana dan Pembangunan Keluarga di Kabupaten Bangka. (Ril/stf)

Editor: Stefan H. Lopis